Kamis, 20 September 2018

Manado Terima Dampak Letusan Gunung Lokon

manado

Foto : Debu letusan Gunung lokon diambil dari Malalayang, Minanga Indah

MANADO, (manadoterkini.com) – Gunung Lokon, di Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Sabtu (13/9) sekitar Pukul 03.00 WITA, meletus dengan mengeluarkan materia debu. Tak ayal, materia debu berdampak hingga ke Manado, lebih khusus kawasan Malalayang, karena tiupan angin selatan.

Pantauan manadoterkini.com, warga yang melakukan aktivitas di luar rumah harus mengunakan masker untuk mengihindari penyakit saluran pernafasan.

“Sempat terkejut, karena saat melakukan aktivitas tenyata lagi hujan debu. Makanya harus mengunakan masker untuk menghindari saluran pernafasan,”kata Very Rasu yang juga Pala di lingkunga IX Kelurahan Malalayang Dua, Minanga Indah.

Sementara itu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Lokon dan Mahawu Farid Ruskanda Bina, meminta warga sekitar Kawah Tompaluan untuk waspada. “Radius dua setengah kilometer dari Kawah Tompaluan tidak boleh ada aktivitas. Hingga saat ini lanjutnya, masih terjadi hembusan-hembusan kecil,”katanya.

Diakuinya Kota Manado paling banyak terkena dampak letusan, karena angin bertiup dari selatan.”Ya, debu mengarah ke Utara, karena angin bertiup dari selatan,”tandasnya.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*