Sabtu, 24 Agustus 2019

2015, Perangkat Desa di Mitra Wajib Lulusan SMA

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Penerapan Undang-Undang Desa, menuntut Pemkab Mitra dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) harus melakukan reformasi sumber daya manusia (SDM) perangkat Desa dan Kelurahan. Dimana semua perangkat Desa/Kelurahan minimal lulusan SMA sederajat.

“Tahun ini kita masih sebatas melakukan penjaringan dan penyaringan. Dan pada 2015 mendatang pastinya semua sudah diterapkan sesuai dengan amanat UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, yaitu perangkat desa harus lulusan SMA sederajat,” tegas Kepala BPMPD Mitra Benhard Mokosandib.

Pihaknya sendiri memberikan kesempatan bagi perangkat Desa yang saat ini belum mengantongi ijazah SMA sederajat agar mengikuti ujian setara untuk mendapatkan ijazah. “Bagi perangkat desa yang ada agar mengikuti pendidikan setara mulai dari ujian paket A, B, dan paket C,” saran Mokosandib.

Lanjut dia, ini penting sehingga masyarakat sadar bahwa pendidikan itu menjadi sebuah kewajiban bagi seluruh warga masyarakat di Mitra dan Indonesia pada umumnya. “Bisa saja kedepan pemerintah pusat memberikan peluang kepada kepala jaga dan meweteng bersama perangkat desa lainnya diangkat menjadi PNS,” tukas Mokosandib.(tr4)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*