Selasa, 18 September 2018

Eks Newmont Minahasa Akan Dijadikan Kebun Raya

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Terbitnya Surat Keputusan (SK) Menteri Koordinasi Kesejakteraan Rakyat (Menkokesra) semakin mempermulus rencana Pemkab Minahasa Tenggara menjadikan kawasan eks Newmon Minahasa Raya (NMR) sebagai Kebun Raya.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Mitra Sonny Wenas, yang dikonfirmasi akan SK Menkokesra tersebut, membenarkannya.“Ya, Pemkab Mitra telah mengantongi SK Menteri tentang penetapan kawasan hutan dengan tujuan khusus. Dan Masterplannya sudah kami kantongi,”akunya kepada manadoterkini,com, Selasa (16/9).

Hanya saja, pihaknya belum memutuskan apakah akan mengikuti masterplan itu atau merancang masterplan baru. Pasalnya, masterplan akan menjadi acuan pembangunan kebun raya di Minahasa Tenggara luasnya sekitar 221 hektar.”Untuk melakukan kajian, kami membentuk tim terpadu. Soal kapan akan dimulai dan nama yang akan diberikan masih akan kami bahas,” jelas Wenas.

Nantinya, kata Wenas, Kebun Raya tersebut akan ditangani oleh lintas instansi yakni Kehutanan, Menkokesra serta Bappenas.”Jika sudah selesai dibangun, pengelolaannya diserahkan ke Pemkab Mitra. Itu nantinya akan memberi banyak manfaat, bukan hanya bagi Mitra, namun juga Indonesia.Selain sebagai tempat penelitian, kebun raya itu bisa jadi objek wisata,” tukasnya.

Pihak PT Newmont Minahasa Raya, ketika dikonfirmasi Humas, Pretty Mamonto, mengatakan, usulan Kebun Raya di lahan eks tambang sudah diusulkan sejak lama.“Kami adalah inisiator untuk Kebun Raya. Akan tetapi untuk meyakinkan pemerintah soal ini, butuh waktu lama. Bahkan kita sudah membuat kajian bersama pihak akademisi untuk meyakinkan pemerintah soal manfaat besar dari kebun raya ini. Hingga akhirnya disetujui dan sudah ditindaklanjut oleh Pemerintah saat ini,” tandasnya. (ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*