Minggu, 20 Mei 2018

DPRD Minsel Resmi Miliki 5 Fraksi

minsel

Jenny Tumbuan

AMURANG, (manadoterkini.com)-DPRD Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), menggelar rapat paripurna DPRD dengan agenda pengumuman pembentukan fraksi, yang disampaikan tujuh perwakilan partai politik yang memiliki hak membentuk fraksi. Ada Lima Fraksi di DPRD Minsel secara resmi terbentuk dalam rapat paripurna yang dilaksanakan pada Selasa (16/9) siang tadi.

“Jadi dalam rapat paripurna yang kita laksanakan tadi, sudah sepakat membentuk Fraksi yang sebelumnya hanya Empat, sekarang sudah menjadi Lima Fraksi,” ujar Ketua DPRD Minsel Sementara Jenny Johana Tumbuan SE usai memimpin paripurna pembentukan Fraksi.

Lanjut Tumbuan, kelima fraksi tersebut, yaitu, Golkar, PDI-P, Gerindra, Demokrat, dan Fraksi Amanat Perubahan Rakyat yang diambil dari PAN, Hanura, dan Nasdem.

Sebelumnya, ada Empat fraksi di DPRD Minsel, yaitu, Golkar, PDI-P, Demokrat, dan Fraksi Gabungan.

Ketua DPRD Minsel Sementara Jenny J Tumbuan SE mengatakan, setelah pembentukan fraksi, dewan akan membentuk panitia khusus (pansus) penyusunan tata tertib (tatib).”Besok penyerahan surat anggota fraksi yang duduk di pansus penyusunan tatib. Setelah itu, dilanjut membahas tatib DPRD,” katanya.

Lanjut Dia, setelah tatib terbentuk, pihaknya akan segera membentuk alat kelengkapan dan penetapan pimpinan dewan.”Pembentukan komisi, badan anggaran, badan legislatif, badan musyawarah, badan kehormatan, dan pimpinan akan segera dibentuk setelah tatib ada,” ujarnya.

Hanya saja Tumbuan mengatakan, dalam pembentukan alat kelengkapan DPRD tetap mengacu pada peraturan lama UU Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD dan PP Nomor 16 Tahun 2010.

Menurutnya, jika nanti peraturan baru UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD diberlakukan, maka akan disesuaikan. Perubahan yang paling menonjol diperaturan baru hanya untuk pemilihan pimpinan DPRD.”Kami sudah menerima surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri untuk daerah tetap diperbolehkan membentuk alat kelengkapan mengacu peraturan lama. Sambil menunggu keputusan peraturan baru di MK,” pungkasnya.(dav)

 

Inilah kelima Fraksi DPRD Minsel yang dibentuk :

Fraksi Partai Golkar :

Ketua             : Jenny Johana Tumbuan SE

Wakil Ketua     : Djen Lamia

Sekertaris       : Drs Robby Sangkoy Mpd

Bendahara       : Jopie Jan Mongkareng

Fraksi PDI-P :

Ketua                 : Stefanus Lumowa SE

Wakil Ketua       : Jerry Pangkey

Sekertaris           : Verke Pumantow

Bendahara           : Frangky Lengkey

Fraksi Gerindra:

Ketua                 : Harianto Suratinoyo

Wakil Ketua         : Frangky Lelemboto ST

Sekertaris           : Ivon Rarang

Bendahara           : Rosemerry Langi

Fraksi Demokrat :

Ketua                   : John RM Sumual SE. SH. M.Si

Wakil Ketua         : Rita Kawung S.Pd

Sekertaris             : Toar Keintjem

Bendahara             : Johnly A ombeng

Fraksi Amanat Perubahan rakyat :

Ketua                     : Abdul Saman Katili

Wakil Ketua             : Lexoni Rantung

Sekertaris               : Billy Regar S.Sos

Bendahara               : Frini Simbar SH.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*