Minggu, 18 Agustus 2019

Pemeriksaan Kesehatan dan Sunatan Massal Gratis Sambut HUT TNI ke -69

manado

Sunatan gratis sambut HUT TNI ke 69

MANADO, (manadoterkini.com) – Menyambut HUT TNI 2014, masyarakat Kecamatan Tuminting dihadiahkan pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal gratis di Kantor Camat Tuminting. Pemeriksaan kesehatan terkait operasi katarak, bibir sumbing, dan operasi hernia, dengan melibatkan 18 tenaga medis dan aparat TNI yang terdiri dari 15 anggota TNI AD dan 3 TNI AL. Menurut Letkol Laut (K) Steven Toar Sambouw, Kadis Kesehatan Lantamal VIII Manado, selain menjadi bagian dari kegiatan menyambut HUT TNI tahun 2014, pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal itu juga untuk membantu masyarakat kurang mampu. Dia mengungkapkan, nantinya kegiatan tersebut akan digelar di sejumlah titik di Kota Manado. “Puncak kegiatan akan dilangsungkan 7 Oktober nanti,” terangnya.

Camat Tuminting Welly Mohede saat dimintai tanggapannya mengaku, kegiatan sosial tersebut sangat membantu masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan partisipasi masyarakat yang begitu tinggi. “Sampai jam 12 siang (kemarin), warga yang ikut dalam pengobatan umum ada 63 orang, khitanan massal 21 orang, dan kemungkinan akan terus bertambah,” katanya.

Dia mengatakan, dalam kegiatan tersebut pemerintah kecamatan hanya diminta untuk menyediakan tempat. Sedangkan untuk tenaga medis dan obat-obatannya ditanggung TNI.

Pada kesempatan tersebut, Wawali Manado Dr Harley Mangindaan ikut menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga kurang mampu. Dijelaskan Wawali, kecamatan Tuminting oleh TNI/POLRI menjadi titik tempat terlaksannya bakti sosial dalam rangka HUT ke-69. “Saya mengapresiasi kepada TNI/POLRI yang melaksanakan kerja kongkrit dalam kegiatan ini. Seperti yang di ketahui dalam bakti sosial kesehatan ini dilaksanakan sunat masal , operasi bibir sumbing dan katarak serta pembagian sembako untuk keluarga miskin yang telah didata oleh panitia serta pengobatan gratis,” terang Wawali.

Disatu sisi Wawali menyatakan, bahwa kegiatan sosial ini merupakan bentuk kemanunggalan warga Tuminting dan TNI/Polri serta Ormas seperti GM-FKPPI dan RAPI sebagai bentuk persaudaraan. “Saya juga mengucapkan selamat HUT ke-69 bagi TNI,” ungkap Wawali yang akrab disapa Ai.

Hadis dalam baksos, Kadis Kesehatan Lantamal VIII Letkol Laut Steven Toar Sambouw, hadir pula Dandenkesyah Manado Letkol Ckm Fritler Gareda. (ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*