Minggu, 20 Oktober 2019

Assa : Solar Cell Dianggarkan di APBD Manado 2014

manado

Kepala BAPPEDA Manado Dr Peter KB Assa

MANADO, (manadoterkini.com) – Proyek lampu jalan umum tenaga surya (solar cell) berbandrol Rp 9 Miliar, telah dianggarkan melalui APBD 2014. Demikian diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Manado, Peter KB Assa, ST,M.Sc,Ph.D, kepada manadoterkini.com, Rabu (17/9) di ruang kerjanya.

Menurut mantan Kadis Parbud Manado, sola cell masuk dalam RPJMD yang diusulkan Dinas Tata Kota. Dimana masuk dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA), selanjutnya dimasukkan dalam Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

“Program Kota Manado dibahas bersama oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Manado untuk disetujui. Untuk Solar Cell masuk RPJMD pada program tata ruang yakni penerangan jalan. Kami sendiri Bappeda hanya menyusun program berdasarkan usulan SKPD. Selanjutnya KUA-PPS tersebut oleh TAPD dibahas dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Manado,” jelas Assa.

Ia pun menegaskan, jika proyek Solar Cell tidak setujui oleh DPRD untuk diprogramkan harusnya tertera dalam berita acara pembahasan TAPD dan Banggar. Jadi, Assa menilai bisa saja dalam pembahasannya, proyek tersebut tidak dibahas secara detail, sehingga dengan begitu tidak ada hal yang dipermasalahkan.

“Setahu saya saat pembahasan bersama Banggar, anggota dewan tidak mempermasalahkan adanya program Solar Cell itu. Jadi, secara tidak langsung program itu sudah diterima,” tambahnya.

Assa pun merasa kebingungan dengan adanya sorotan terhadap proyek Solar Cell yang saat ini sedang ditenderkan. Dan hal ini menimbulkan pertanyaan besar apakah penolakan tersebut diakibatkan karena proyeknya tidak positif atau sebaliknya.

“Sebenarnya program ini tidak perlu dipermasalahkan karena sangat positif bagi Kota Manado. Yang menjadi persoalan sekarang, apakah program ini tidak baik dilakukan. Patut diakui kalau program tahun 2013 ada kesalahan. Tapi mekanismenya yang salah. Seharusnya kan kalau program positif untuk masyarakat didukung, dan mekanisme salah yang wajib diperbaiki, bukannya programnya dihapus,” tegasnya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*