Kamis, 19 September 2019

Kejari Amurang Intenskan Penyelesaian Kasus Tipikor

AMURANG, (manadoterkini.com)-Tanda awas bagi para pelaku Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) maupun yang baru merencanakannya. Pasalnya, instansi yang berwenang mengurusi masalah tersebut makin sigap terkait segala dugaan maupun hal-hal lain yang ada indikasi korupsi. Salah satu instansi tersebut adalah kejaksaan.

Kajari Amurang Umaryadi SH melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Iwan Caunang SH menjelaskan jika sampai saat ini penyelesaian kasus Tipikor yang ditangani Kejari Amurang berjalan lancar walaupun ada kendala-kendala yang ditemui.”Dalam penanganan kasus ini, ada saja halangan yang ditemui tim penyidik. Namun sampai saat ini kasus-kasus yang ditangani, semuanya dapat diselesaikan sampai tahap akhir,” ujar Caunang.

Ia juga menambahkan jika saat ini pihaknya sedang dalam tahap penyidikan untuk dua kasus dugaan korupsi di kabupaten ini. Namun kasus tersebut belum bisa dibeberkan karena masih dalam tahap penyelidikan.”Mudah-mudahan awal bulan depan kedua kasus tersebut sudah masuk ke tahap penyidikan karena sudah ada titik terang tersangkanya menunjuk ke siapa,” jelasnya sembari menambahkan jika disamping proaktif dari instansi tersebut dalam menyikapi hal-hal yang menyimpang khususnya Tipikor, peran aktif dari masyarakat juga sangat diharapkan.“Masyarakat jangan ragu untuk melaporkan pada kami jika mencurugai ada perbuatan Tipikor. Asalkan informasinya jelas dan kuat, pasti akan kami tindaklanjuti,” tegasnya.

Disisi lain Masyarakat Minsel Tonny Lumenta SH mengungkapkan kalau kasus Tipikor harus dibasmi sampai ke akar-akarnya. Dengan cara memberi hukuman berat bagi para pelaku tersebut,” Pelaku Tipikor bila tidak diberi hukuman berat, mereka tidak akan kapok dan mewariskan profesi terebut kepada orang lain yang ingin kaya dengan cara yang tidak layak dan memalukan,” ungkapnya, sembari menambahkan jika penaganan kasus tersebut tidak boleh pandang bulu karena Undang-Undang melindungi dan memfasilitasi instansi yang berwenang melakukan penyelidikan terhadap apa saja yang terindikasi korupsi.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*