Minggu, 8 Desember 2019

Operasi Tambang PT SEJ Minta Dihentikan, Warga Ancam Lakukan Aksi Moral

minsel

Oprasi dari PT SEJ

MOTOLING, (manadoterkini.com)-Warga Kecamatan Motoling Timur dan Kecamatan Toluaan terus mendesak agar instansi terkait segera menghentikan kegiatan pengelolaan dan produksi tambang emas di Wilayah Kecamatan Motoling Timur, Minsel dan Desa Kalait Kecamatan Toluaan dilakukan PT Sumber Energi Jaya (SEJ).

Adry Tarek dan Renly Tuuk tokoh masyarakat kawasan pertambangan mengatakan kegiatan PT SEJ disinyalir mulai berdampak pada pencemaran dan perusakan lingkungan hidup apalagi proses penggalian menggunakan bahan peledak dan bahan kimia beracun lainnya. Selain itu sejak kegiatan PT SEJ di wilayah Motoling Timur dan Touluaan sudah banyak korban.

Jika kegiatan PT SEJ masih terus beroperasi, warga yang tinggal disekitar lokasi pertambangan akan melakukan aksi damai dengan tema gerakan moral menetang kekerasan dan kerusakan lingkungan hidup.”Kami akan melakukan aksi damai dan gerakan moral,” ujar Tarek.

Ditambahkannya sejak perusahaan ini beroperasi banyak sekali hak masyarakat yang diabaikan, termasuk ancaman dan kekerasan dan pemaksaan untuk mendukung kegiatan yang dilakukan pihak perusahaan.”Kami berharap aparat jangan memihak lagi pada pihak perusahaan dan sudah saatnya membela hak masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu pihak perusahaan Humas PT SEJ yang berusaha dihubungi untuk melakukan konfirmasi terkait kegiatan di lokasi pertambangan belum bisa ditemui. Bahkan dihubungi via telepon seluler sedang tidak aktif.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*