Selasa, 17 September 2019

Pegelaran Seni Budaya oleh BNPB Dinikmati Warga Manado

manado

Sekda bersama jajaran Pemkot Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum lama ini menggelar seni budaya di Taman Kesatuan Bangsa. Program BNPB ini dilaksanakan disejumlah daerah pasca bencana seperti Kota Manado, Lombok, dan Tanah Karo.

Manurut Sekda Manado, MHF Sendoh, kegiatan ini merupakan hiburan bagi mereka yang tertimpa bencana pada awal Januari 2014. Karena perbaikan bukan hanya dari fisik saja, tapi psikologinya juga harus dibangkitkan dari trauma. Melalui pagelaran seni dan budaya ini sebagai bentuk ekspresi sebagai mahluk yang berbudaya.

“Sebuah kota adalah tempat berlangsungnya peradaban, tempat berlangsungnya aktifitas kebudayaan yang merupakan roh dari kota itu, tanpa kebudayaan, tanpa peradaban, sebuah kota ibaratnya tubuh tanpa roh,”ujar Sendoh.

Manado sebagai daerah yang kaya akan keragaman seni dan budaya sudah sepatutnya bersyukur atas keragaman budaya yang dimiliki. Untuk itu Sekda berpesan melalui kegiatan ini akan mempererat tali persaudaraan. “Ingatlah, bahwa keberagaman yang berpadu dengan kebersamaan ini merupakan modal berharga untuk membangun kota Manado yang lebe bae for torang samua. Marilah kita menjaga keaman, ketertiban, ketentraman dan kenyamanan serta sikap saling menghargai, Baku-baku bae deng baku-baku sayang,”pesan Epi sapaan akrab mantan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Manado.

Sementara itu, Kepala BPBD Provinsi Sulut, Ir Noldy Liow, atas nama kepala BNPB Pusat, menuturkan kegiatan tersebut merupakan program untuk membangkitkan semangat warga Manado yang tertimpa musibah.

Kepala BPBD kota Manado Maximilian Tatahede, menambahkan bahwa rangkaian pemulihan pasca bencana bukan hanya rehabilitasi fisik, tapi psikologi. Ivent yang dikoordinir langsung BPBD Kota Manado ini akan berlangsung hingga Sabtu (4/10) besok, diisi dengan pagelaran tari, musik dan berbagai hiburan lainnya.(ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*