Senin, 16 September 2019

GSVL Minta Pejabat Pemkot Manado Awasi Pengeluaran Keuangan

Hindari Masalah Hukum, Jangan Jerumuskan Walikota

manado

Walikota GS Vicky Lumentut

MANADO, (manadoterkini.com) – Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut menandaskan pengawasan terhadap pengeluaran keuangan di jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, harus dilakukan secara ketat untuk menghindari terjadinya penyimpangan.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) itu, penyimpangan keuangan berpotensi terjadi di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), apalagi jika kepala SKPD lemah dalam melakukan pengawasan.

“Jangan nanti ada temuan, baru dilakukan perbaikan. Seharusnya tugas kepala SKPD melakukan pengawasan langsung terhadap administrasi keuangan,”tutur Walikota.

Dirinya berharap, seluruh instansi di Pemkot Manado tetap melaksanakan program kerja berdasarkan aturan dan tidak keluar dari koridor hukum yang ada.

“Hal-hal kecil sering menjebak kita, contohnya pengadaan meubel di SKPD. Ini perlu diatur secara terkoordinasi, jangan sampai ada yang masih layak digunakan, sudah ada pengadaan baru, ujung-ujungnya terjadi pemborosan,”tandas Lumentut.

GSVL, sapaan akrab Walikota, mengingatkan pejabat di Pemkot Manado untuk fokus pada penegakan aturan, sehingga tidak selalu menjerumuskan pimpinan ketika terjadi permasalahan hukum. Apalagi, jika tindakan seperti itu sudah menjadi kebiasaan sejak pimpinan daerah terdahulu.

“Karena kesalahan di SKPD, jangan nanti semua, walikota yang tanggung. Kalau ada yang berpikir begitu, kita akan tertinggal terus,”pungkas Walikota.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*