Kamis, 5 Desember 2019

Evaluasi APBD-P Minsel di Pemprov Sulut Terganjal LKPJ

Minsel

Kantor Pemkab Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com) – APBD Perubahan 2014 kembali terancam molor diterapkan. Pasalnya, jadwal evaluasi oleh Pemprov Sulut belum juga keluar. Belum dijadwalkan agenda evaluasi, dikarenakan Pemkab Minsel belum memasukkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) dari Bupati.

“Memang hingga kini jadwal evaluasi belum dikeluarkan oleh Pemprop Sulut. Hal ini dikarenakan kita belum memasukkan LKPJ yang memang belum diparipurnakan oleh DPRD. Sedangkan LKPJ merupakan syarat untuk evaluasi di pemprop. Jadi, kita masih menunggu LKPJ diparipurnakan,” ujar Kabid DPKPAD Minsel Evert Kalalo.

Sulitnya DPRD Minsel membahas LKPJ, apalagi menetapkan dalam sidang paripurna, dikarenakan pimpinan DPRD (Pimdekab) belum juga didefinitifkan. Akibatnya, sejumlah agenda lain ikut terkena imbasnya. Terutama program di APBD-P kemungkinan bakal sulit dikerjakan. Parahnya lagi, APBD 2015 berpeluang dikerjakan pada akhir tahun dengan waktu yang makin mepet.”Ini memang situasi sulit, diperlukan kemauan keras baik dari legislatif maupun eksekutif, agar semua persyaratan dapat terlewati. Makanya, dituntut komitmen, sebab kalau tidak akan menyulitkan ke depannya. Langkah awal tentu saja mengejar pihak propinsi agar SK pimpinan dewan segera dikeluarkan,” kata pemerhati Minsel Wem Baba Mononimbar.

Ditambahkan dengan situasi seperti ini, kalaupun SK Pimdekab keluar minggu depan, paling cepat APBD-P bisa digunakan pada minggu depan juga.”Harus diakui situasi sekarang cukup rumit, kalau ingin mencapai hasil maksimal. Karena waktunya yang sempit,” tutupnya.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*