Selasa, 17 September 2019

Persoalkan Retribusi, Dishub Sebut AWALB ‘Kurang Jelas’

MANADO, (manadoterkini.com) – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Manado, Vicky Koagow melalui Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Laut Elvis Salangka angkat bicara soal tudingan yang dilayangkan oleh pihak Asosiasi Wisata Angkutan Laut Bunaken AWALB.

Dimana AWALB mengeluhkan Dishub Kota Manado, terkait dengan menaikan sepihak jumlah retribusi bagi perahu wisata yang berangkat ke Pulau Bunaken, yang sebelumnya hanya Rp2.000 per gross tonnage (gt) dan kini dinaikan sepihak menjadi Rp5.000 per gt.

Ketua AWALB Alfianus Frans, mengaku bahwa tindakan menaikkan retribusi tersebut sangat merugikan kepentingan pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) yang kini tengah menjadi pusat perhatian dunia.

“Saat ini pihak dishub seenaknya meminta bayaran kepada pihak perahu untuk memberikan dan sebanyak Rp5.000. Malah ada perahu yang membayar Rp10.000,”kata Frans.

Menanggapi tudingan tersebut Salangka angkat bicara. Menurutnya semua persyaratan dan biaya pengurusan ijin sangat jelas jika masyarakat ataupun asosiasi datang langsung ke kantor Dishub Manado, tidak ada saling menutupi.

“Bagaimana akan tau berapa biaya atau perpanjang pengurusan ijin, jika tidak datang langsung ke kantor dishub, ini kan aneh. Oleh karena itu saya meminta kepada pihak AWALB ataupun siapa saja yang ingin mengurus masalah pembiayaan silakan ke kantor. Jangan jangan AWALB yang tidak jelas,”semprot Elvis yang turut diamini oleh Welly Rungkat Kasie Pelabuhan.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*