Senin, 16 September 2019

Jaga Produktifitas Pohon Kelapa, Pemkab Mitra Buat Perbup

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Pemkab Mitra melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan, akan memperkuat pelestarian produktifitas pohon kelapa dengan membuat Peraturan Bupati (Perbup). Hal itu ditegaskan Kadis Kehutanan dan Perkebunan, Sonny Wenas.

Menurutnya, kebijakan pemerintah tersebut, karena banyak tanaman kepala usia produktif terus ditebang warga. “Makanya kita akan perkuat dengan pembuatan Peraturan Bupati (Perbup,red),”kata Wenas.

Lanjutnya, masa depan tanaman kelapa di Mitra terancam, kalau pohon kelapa produktif ditebang. Untuk itu, Dia menilai, hukuman bagi penebang pohon tak berlebihan. “Kita juga harus memikirkan generasi kedepan. Bayangkan saja kalau kelapa terus ditebang sementara tak ada penggantinya,”tandasnya.

Terkait hal tersebut, salah satu warga Tombatu, Stenly Mawitjere, mendukung akan upaya Pemkab Mitra menjaga populasi pohon kelapa agar tidak ada penebangan terus menerus. “Populasi kelapa jangan terus ditebang. Sudah seharusnya juga Pemkab Mitra melalui instansi teknis melakukan pembibitan, agar pohon kelapa yang tidak produktif disulam dengan bibir baru,”katanya.(tr4)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*