Minggu, 15 Desember 2019

15 Lapangan di Kota Manado Menjadi Tempat Pelaksanaan Sholad Ied

manado

Amir Liputo

MANADO, (manadoterkini.com) – Hari Raya Idul Adha atau hari raya Qurban bagi umat Muslim, Minggu (5/10) besok di Kota Manado akan dipusatkan di lapangan Tikala. Ketua PHBI (Panitia Hari Besar Islam) Kota Manado, Amir Liputo menuturkan 15 lapangan dan 154 lokasi Masjid akan menjadi tempat pelaksanaan Sholad Ied.

“PHBI mengikuti Pemerintah Solad ied hari Minggu. Sholad Ied akan dimulai tepat Pukul 07.00 WITA dengan materi khotbah kita sudah putuskan mengangkat masalah persatuan dan kesatuan, tidak boleh menyinggung suku, agama yang lain khilafiah tapi lebih banyak mengajak umat untuk saling berbagi. Dan umat untuk merasakan penderitaan orang lain,”ungkap politisi yang naik tingkat menjadi lagislator Provinsi Sulut periode 2014-2019.

Liputo juga berharap umat Kristiany di Kota Manado, sebagaimana tahun lalu turut berpartisipasi menjaga jalannya sholad ied. “Kami berharap umat Kristiani di Manado sebagaimana tahun lalu turut berpartisipasi menjaga,”katanya.

Lanjutnya, secara keseluruhan hewan qurban di Kota Manado hampir 400 ekor sapi, jika ditambah dengan kambing menghampiri 500 ekor yang masyarakat berkorban. “Masing-masing Masjid mendapatkan 2-3 ekor, kalau ada yang tidak 1 ekor,”ujar Amir sembari menambahkan meski dilanda banjir tapi secara perekonomian mulai bergeliat.

Memang ada beberapa Masjid yang biasa ada hewan kurban, tapi karena jemaahnya belum terkonsolidasi kerena banjir akhirnya dia tidak punya. “Seperti inilah yang kami bantu. Muda-mudahan dengan ini semakin memperat tali persaudaraan diantara kita,”tandasnya.

Diakuinya harga sapi untuk tahun 2014 ini agak naik, namun PHBI Manado bisa membeli 11 ekor sapi untuk dibagikan di 11 Kecamatan yang dihibahkan oleh Pemkot Manado.“Ini bukti Pemkot Manado tetap peduli tampa membedakan Suku, Agama dan RAS di Kota Manado. Ketika perayaan Idul Fitri dan kini Idul Adha Pemkot tetap memberikan perhatian,”imbunya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*