Kamis, 12 Desember 2019

Pelanggan Ilegal Salah Satu Penyebab Gangguan Listrik

MANADO, (manadoterkini.com) – Salah satu penyeban gangguan listrik di wilaya Area Manado adalah sambungan ilegal. Tak ayal, sekitar 2.000-an sambungan ilegal dari warga.

“Kami mengakui pembangkit yang dimiliki PLN masih terbatas. Di Sulut hanya ada 10 gardu induk yang beroprasi dan dua berada di Manado yakni Ranomuut dan Teling. Ini diperparah dengan ditermukannya sekitar 2.000-an titik sambungan ilegal, yang pastinya membuat beban semakin bertamba,”kata Manajer PLN Area Manado Yarid Pabisa kepada Wawali Harley AB Mangindaan baru-baru ini.

Lanjutnya, hingga april, kerugian karena sambungan ilegal menyentu angka 16 persen, jika dikalkulasi mencapai Rp 2,4 miliar. “ Tentunya kami membutuhkan bantuan warga dan pemerintah Kota mengatasi masalah ini,”tandasnya.

Sementara itu, Ai sapaan akrab Mangindaan, yang diperlihatkan kondisi listrik di Manado lewat scada mini di layar TV, sangat berterima kasih atas informasi yang transparan dari pihak PLN. Dia pun berharap informasi ini bisa membuat masyarakat tidak menduga-duga mengenai kondisi yang terjadi selama ini.

“Bila ada masyarakat yang mendapatkan listrik seara ilegal harusnya koorperatif. Saya berharap untuk segera mendaftar serta mempengaruhi pelanggan lainnya,”imbunya.

Ditambahkannya, adanya 2.000-an pelanggn ilegal tersebut merupakan penyebab gangguan listrik. “Karena sambungan ilegal mmebuat banyak frafo jebol – jebol akibat over pemakaian di suatu lokasi. Disitulah sering terjadi pemadaman,”pungkasnya.(mt)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*