Kamis, 12 Desember 2019

Pilkada Oleh DPRD, Tetty Bakal Mulus

Wongkar, Tumiwa, Lelemboto, Sumual, Umboh dan Watung Diwacanakan Papan II

minsel

Bupati Minsel Christiany Paruntu SE

AMURANG, (manadoterkini.com)-Rancangan Undang Undang Pilkada telah di Paripurnakan di DPR RI. Kedepan, Bupati akan dipilih oleh DPRD. Menariknya di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) jelang pemilihan Bupati 2015 mendatang, sosok nama Christianya Eugenia Paruntu SE yang saat ini merupakan Bupati Minsel dipastikan bakal mulus melenggang memimpin Minsel untuk periode 2015-2020.

Pasalnya, Partai Golkar yang dahulu mengusung Tetty dalam Pilkada lalu, saat ini meraih kursi terbanyak di DPRD Minsel yakni 10 kursi, dari 30 kursi yang ada di DPRD Minsel. Total kursi koalisi merah putih 22 kursi.

Tak mengherankan, sejumlah figur mulai mencari simpati untuk dapat berpasangan dengan Tetty. Dari sekian figur, sejumlah nama mencuak mendampingi Tetty sebagai calon Wakil Bupati. Dari kalangan Parpol ada nama Frangky Wongkar dan Boy Tumiwa Bsc keduanya dari PDI-P, John Sumual dari Partai Demokrat, Frangky Lelemboto dari partai Gerindra.

Sedangkan dari kalangan akademisi ada nama Andre Harits Umboh yang belakangan ramai menjadi buah bibir dikalangan masyarakat Minsel .Terakhir dari kalangan birokrat ada nama Drs Ben BT Watung MSi yang saat ini menjabat Sekwan Minsel. Menurut Ketua LSM Perisai Persatuan yang juga merupakan pemerhati politik di Minsel Karel Lakoy, bila tidak ada perubahan dan MK tetap menyetujui pemilihan kepala daerah dilakukan oleh DPRD. Tetty dapat dipastikan akan terpilih kembali untuk periode kedua.”Kekuatan Golkar di parlemen dan juga kursi koalisi merah putih (KMP), akan memuluskan Tetty di Pilkada 2015 mendatang,” ujar Lakoy.

Senada dikatakan oleh pemerhati politik lainnya, Sonny Nojoan. Menurutnya, kekuatan koalisi merah putih di DPRD Minsel tidak bisa dibendung oleh koalisi kerakyatan yang hanya mempunyai 8 kursi.”Saya dapat pastikan Tetty tidak akan mengalami kesulitan untuk melanjutkan kepemimpinan di 2015-2020,” tandasnya.(dav)

Kursi Koalisi Merah Putih di DPRD Minsel :

Golkar = 10 Kursi

Demokrat = 5 Kursi

Gerindra = 5 Kursi

PAN = 2 Kursi

Kursi Koalisi Kerakyatan :

PDI-P = 6 Kursi

Hanura = 1 Kursi

Nasdem = 1 Kursi

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*