Selasa, 17 September 2019

Sinjal : Kelurahan Menunggak Segera Diperiksa Inspektorat

Terkait Pengelolaan Raskin

manado

Kabag Perekonomian Manado, Pingkan Sinjal SE MSi

MANADO, (manadoterkini.com) – Terkait dengan pengelolaan dan pembayaran raskin, Sekretaris Daerah Kota Manado, Ir. M.H.F. Sendoh melalui Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Manado, Pingkan Sinjal, S.E. ketika dihubungi di Kantor Walikota memberikan penjelasan, bahwa data per 15 September 2014 yang diperoleh, tunggakan raskin seluruh kelurahan di Manado sebesar Rp 661 juta. “Ditemukan 2 Kelurahan yang belum menyelesaikan setoran raskin 2013 sejumlah Rp 18 juta. Posisi hari ini, 6 Oktober 2014 sudah mengalami kemajuan yang berarti, tunggakannya sudah berkurang menjadi Rp 367.063.000 di 58 kelurahan,”kata Sinjal.

Lanjut Sinjal, sesuai arahan dan petunjuk Walikota Dr GS Vicky Lumentut, pihaknya sudah melaksanakan koordinasi dengan pihak Inspektorat, akan segera mengadakan Pemeriksaan Khusus ( Pemsus) kepada Kelurahan yang menunggak untuk diketahui duduk persoalannya dan mempercepat pembayaran raskin.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak Bulog, terhadap dua kasus tunggakan raskin sebesar Rp 18 juta di dua Kelurahan, telah diadakan tindak lanjut hingga pihak Bulog sudah melakukan penyalurah di dua kelurahan tersebut. Bahkan penyalurannya sudah dua kali dilakukan. Pihak kami juga sudah menyurat ke seluruh Camat dan Lurah untuk segera melaporkan sisa hutang pembayaran raskin 2014, dan update hasilnya seperti yang kami sampaikan tadi. Atas perintah Pak Walikota kami yakin para pengelola raskin di Kelurahan akan melaksanakannya dengan baik sekaligus hati-hati,”terangnya.

Mantan Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Kelurahan ini juga menambahkan, pihaknya terus melakukan monitoring serta koordinasi dengah pihak Bulog.”Sesuai arahan dan petunjuk Bapak Walikota kami akan terus melaksanakan monitoring serta koordinasi dengan pihak Bulog dan instansi terkait lainnya tentang masalah pengelolaan dan pembayaran setoran Raskin ini. Setiap hari Bagian Adm Perekonomian tetap membuka Rekonsiliasi data dari Kelurahan yang sudah melunasi, dengan membawa FC bukti Setoran,”pungkasnya.(ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*