Selasa, 17 September 2019

Air Sungai Totok Diduga Tercemar Limbah Tambang

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Tokoh masyarakat Ratatotok Kasim Malolonto, meminta Pemkab Mitra turun tangan menindaklanjuti kondisi air sungai Totok yang diduga telah tercemar limbah tambang. Padahal sebelumnya sungai Totok dijadikan warga setempat sumber air karena kejernihannya, namun kini sudah memprihatinkan.

“Saya menduga sungai tersebut sudah tercemar Sianida. Karena limbah yang proses dari aktivitas tambang hanya dibuang alngsung ke sungai. Makanya tidak heran kalau airnya kelihatan keruh,”kata Malolonto.

Ekosistem alam di sungai dan sekitarnya lanjut dia juga ikut terganggu. Satu diantaranya ikan. Kini sudah tak ada lagi ikan di Sungai itu. Demikian tumbuhan yang tak tanmpa tumbuh disekitaran sungai.

“Di sini dulunya banyak ikan, pemandangan juga indah karena banyak pohon serta tumbuhan. Sayangnya itu sudah tak terlihat saat ini,” bebernya.

Menurut Kasim, banyaknya warga Ratatotok yang berprofesi sebagai penambang membuat situasi begitu dilematis. “Ada sekitar 80 persen warga Ratatotok adalah penambang. Namun demikian tentu lingkungan harus tetap dijaga,” pesan dia.

Ia pun menyesalkan pihak pemerintah yang selama ini terkesan kurang peduli dengan kondisi ini. “Pemerintah harusnya melakukan pengawasan, sayangnya itu tidak pernah dilakukan hingga kini,” kesalnya.(tr4)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*