Kamis, 12 Desember 2019

21 Bulan Program UC di Manado, Walikota Kucurkan 42 Milyar Dana APBD

Layani 272 Ribu Pasien Dan 1,5 Juta Kunjungan Puskesmas

Program UC

Program UC

Program UC

Program UC

Walikota GSVL mendatangi pasien UC

Walikota GSVL mendatangi pasien UC

Latar belakang lahirnya Program Universal Coverage (UC)

27 Juli 2010, di Lapangan KONI Sario Manado, pada kampanye putaran kedua Pilkada Kota Manado, G.S. Vicky Lumentut didampingi Harley Mangindaan, serta disaksikan tokoh agama, menandatangani Kontrak Politik berisi 8 rencana aksi jika terpilih menjadi Walikota dan Wakil Walikota Manado. Salah satu poin, berbunyi: Menambah jumlah dokter dan perawat demi tersedianya layanan kesehatan gratis di puskesmas selama 24 jam setiap hari dan jaminan asuransi kematian bagi semua penduduk kota Manado.

Kapan UC mulai berlaku?

Setelah melewati masa 3 tahun pemerintahan, 1 Januari 2013, pada malam pergantian tahun di Aula Kantor Walikota Manado, Walikota Dr. G.S. Vicky Lumentut didampingi Wakil Walikota, Dr. Harley A.B. Mangindaan melaunching Layanan Kesehatan Gratis bagi Warga Manado yang diberi nama Universal Coverage.

Walikota menjelaskan program UC bagi warga

Walikota menjelaskan program UC bagi warga

Apa tujuan UC?

Layanan UC bertujuan memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Manado, terpeliharanya kesehatan masyarakat, masyarakat sehat dan produktif. Tujuan akhirnya bermuara pada meningkatnya kesejahteraan rakyat.

Siapa yang berhak mendapatkan fasilitas layanan UC?

Seluruh penduduk Kota Manado yang dibuktikan dengan (KTP) dan (KK), dan bukan peserta Asuransi Kesehatan lainnya seperti Askes PNS/BPJS Kesehatan, Jamkesmas, Jamsostek, Asabri, serta Asuransi Komersial/Swasta lainnya.

GSVL menyapa staf rumah sakit

GSVL menyapa staf rumah sakit

Apa saja bentuk pelayanan yang diberikan melalui UC?

1. Rawat Jalan: Diberikan diseluruh Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Poskesdes, Posyandu.

2. Persalinan Normal, diberikan/dilayani di Puskesmas Rawat Inap/PONED

3. Rawat Inap, diberikan di Rumah sakit yang ditunjuk oleh Pemerintah Kota Manado, sejak tahun 2014 dilayani di : RSUP Prof Kandow, RS Pancaran Kasih, RS Advent Manado, RS Bhayangkara, RS Prof. Dr. V.L. Ratumbuysang, RS Sitty Maryam, dan Balai Kesehatan Mata Manado

4. Fasilitas pelayanan di Kelas 3 dengan Membawa Rujukan dari Puskesmas .

Apa saja pelayanan kesehatan rujukan yang diperoleh pengguna UC di RS Pemerintah/Swasta yang ditunjuk?

Akomodasi rawat inap pada kelas III (tiga); Penunjang diagnose; Tindakan medis; Tindakan operasi; Pemberian obat sesuai daftar obat; Bahan dan alat kesehatan habis pakai; Pelayanan gawat darurat; Persalinan dengan resiko tinggi dan/atau penyulit; Pelayanan darah bagi peserta melalui PMI

Apa saja jenis pelayanan yang tidak dilayani melalui Program UC?

Walikota menerima keluhan pasien UC

Walikota menerima keluhan pasien UC

Pelayanan kosmetik; Pelayanan yang bertujuan memiliki anak; Pelayanan kesehatan yang tidak berdasarkan indikasi medis; Pelayanan canggih (Operasi Jantung Paru, Kedokteran Nuklir, MRI, ESWL, Transplantasi Organ) hanya pada kasus Live-saving; Sircumsisi ( sunat ) bukan indikasi medis; General check up; Alat bantu dengar; Alat bantu gerak; Pembersihan karang gigi dan usaha meratakan gigi; Pengobatan alternative; HIV/AIDS; Penyakit akibat ketergantungan obat; Penyakit yang ditimbulkan akibat usaha bunuh diri; Pemulasaran jenazah dan ambulance; Pasien pindah perawatan dari kelas 3 di RS ke kelas yang lebih tinggi.

Dana yang dialokasikan untuk Program UC

• Tahun 2013, realisasi dana UC berjumlah Rp 28.448.530.107.

• Tahun 2014, realisasi dana UC hingga 30 September 2014 berjumlah Rp 13.720.083.396

Jumlah pasien warga Kota Manado yang sudah menggunakan layanan program UC?

• Tahun 2013, terdapat 258.696 jiwa yang sudah dicover.

• Tahun 2014, hingga 30 September 2014 terdapat 272.174 pengguna UC di RS Rujukan, dan terdapat 9.155 di 15 Puskesmas per bulan atau dalam 9 bulan terdapat 1.508.099 kunjungan pengguna UC di Puskesmas.

Sumber: Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Manado.(advetorial/medco/ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*