Sabtu, 7 Desember 2019

Wawali Manado Awasi Penerbitan Surat Domisili di Dukcapil

manado

Wawali lakukan pengawasan di Dukcapil Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Fungsi pengawasan terus dioptimalkan Wawali Manado Harley AB Mangindaan. Seperti halnya pemeriksaan data surat domisili hingga dikeluarkan akte dan lainnya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Manado, Rabu (8/10).

Manariknya, Ai sapaan akrab Wawali saat datang ke kantor yang erat kaitan dengan pelayanan kepada masyarakat tersebut, dirinya menemukan data yang tidak sesuai dengan prosedur. Bahkan kebanyakan yang melanggar adalah Lurah dan Camat. “Saya melihat masih banyak Lurah maupun Camat yang melanggar prosedur menerbitkan surat keterangan, misalnya surat keterangan dominisili dan lainnya,” ujar Wawali.

Menurutnya, para Lurah dan Camat diharapkan jangan pernah mengeluarkan surat apapun dengan asal-asalan, semua harus mengikuti ketentuaan yang ada. Jangan kasus pernikahan yang sempat heboh terulang kembali. Oleh karena bukan hanya Lurah dan Camat, namun semua Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang ada dilingkup pemerintahan Manado bisa bekerja dengan baik dan benar. “Para PNS saya minta bekerja dengan baik, jangan kasus yang beredar beberapa hari lalu terulang kembali, karena lalai dari Lurah dan Camat,”terang Wawali.

Mangindaan menegaskan jika kedepan langsung Lurah dan Camat ataupun keluhan dari Pegawai Capil, maka pegawai yang bersangkutan akan menerima sanksi. Bahkan bisa berhubungan dengan pihak berwajib karena mengeluarkan surat yang tak jelas.

“Para PNS, agar bisa lebih mewaspadai dan harus teliti untuk melakukan tugas pekerjaan. Jangan suratnya ilegal tetapi sang Lurah atau Camat sudah dibayar oleh oknum lalu memberikan keterangan palsu, ini akan diberikan sanksi,” tegas Mangindaan.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BkDD) Manado, Ventje Pontoh mengatakan, ada aturan yang mengatur untuk mengeluarkan surat rekomendasi dari kelurahan dan kecamatan.

“Jika ketahuan para lurah dan camat melanggar aturan yang ada, maka akan diberikan sanksi kepegawaian,” kunci Pontoh.(ald)

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*