Minggu, 8 Desember 2019

Pilhut 34 Desa di Minsel Tunggu Perda

AMURANG, (manadoterkini.com) – Sampai akhir 2014, tercatat ada kurang lebih 34 Desa di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), yang masa jabatan hukum tuanya telah berakhir. Banyak warga bertanya-tanya, kapan pemilihan hukum tua (Pilhut) akan digelar.

Menurut salah satu warga Tumpaan Baru yang akrab disapa Jerry, mendesak Pemerintah lewat Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) serta pemerintah Kecamatan, segera mengfasilitasi pemilihan.

Dayung bersambut, Kepala BPMPD Ollyvia Lumi SSTP MSi, mengungkapkan, tahun 2014 tidak ada pemilihan hukum tua.”Pemilihan masih menunggu permendagri dan peraturan pemerintah. Bukan itu saja, peraturan daerah juga sementara disusun untuk dijadikan payung hukum,” ujar Lumi.

Ditambahkannya, tidak menutup kemungkinan Pilhut akan digelar pada 2015 atau 2019. Ditempat terpisah Camat Tumpaan Frangky Toar mengungkapkan, sejumlah Desa yang ada di wilayah Kecamatan Tumpaan, yang telah berakhir masa jabatan hukum tuanya. Sudah diajukan tiga nama untuk diangkat menjadi pelaksana tugas sambil menunggu pelaksanaan Pilhut.”Pemerintah kecamatan berharap kepada para pelaksana tugas hukum tua, untuk bisa menjalankan tugas yang dipercayakan ini sebaik-baiknya,” tandas Toar sembari menuturkan sejumlah Desa yang sudah habis masa tugas seperti Tumpaan Baru, Tumpaan Dua dan lainnya.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*