Minggu, 8 Desember 2019

SK DPP Partai Demokrat untuk Ketua Manado DPRD Tuai Kontroversi

MANADO, (manadoterkini.com) – Surat keputusan (SK) DPP Partai Demokrat yang mengangkat Nortje Van Bone sebagai Ketua DPRD Definitif bakal menuai kontroversi. Bagaimana tidak, SK tersebut diduga dikeluarkan tanpa melalui mekanisme partai yang sebenarnya.

“SK bernomor 268/SK/DPP.PD/X/2014 yang berisi penunjukan Noortje Van Bone sebagai Ketua DPRD Manado definitif, tak melewati pokja DPP,” ujar sumber kuat di Partai Demokrat, kemarin.

Menurutnya, ada pemotongan jalur yang dilakukan sejumlah pihak untuk membatalkan SK sebelumnya. “Infonya seperti itu. Karena setahu kami di bulan Oktober tidak pernah dilakukan rapat pokja apapun. Jadi kalau ada SK baru, pasti tidak lewat rapat Pokja,” katanya.

Royke Anter sendiri mengaku akan menyurat ke DPC terkait persoalan tersebut. “Saya akan menyurat ke DPC soal surat yang dicoret yang berakhir pada terbitnya SK baru,” ujarnya.

Menurutnya, secara pribadi ada tiga pertanyaan yang akan ditanyakannya. “Pertama, menurut Ketua DPD hanya klarifikasi coretan tapi akhirnya keluar SK baru. Kedua, kenapa SK pertama tidak ditindaklanjuti dan justru diganti,” katanya.

“Terakhir, kenapa SK tersebut tidak diplenokan. Artinya SK baru tidak melalui mekanisme dari pokja untuk penetapan pimpinan definitif yang diusulkan. Artinya saya hanya ingin menanyakan agar jangan sampai mencoreng nama baik DPC dan DPD Partai Demokrat,” sambungnya.

Sementara itu, DPC PD Manado Morris Korah mengaku akan meneruskan keluhan Royke Anter. “Nanti DPC akan mempertanyakan ke DPP, yang awalnya DPD hanya pertanyakan dan konsultasikan ke DPP, soal coretan tersebut,” ungkapnya.

Informasi yang diterima sebelumnya, perwakilan DPD Partai Demokrat Sulut mendatangi DPP Partai Demokrat untuk meminta klarifikasi terkait coretan di SK Royke Anter.(*/tim)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*