Kamis, 12 Desember 2019

Lima Fraksi di DPRD Minsel Setujui LKPJ Bupati Tahun 2013

AMURANG, (manadoterkini.com) – DPRD Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Senin (13/10) siang tadi, menyetujui Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati tahun 2013, lewat rapat paripurna di DPRD Minsel, Desa Teep, Kecamatan Amurang Barat.

Rapat Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, didampingi dua Wakil Ketua Rommy Pondaag SH MH, dan Frangky Lelengboto ST, secara resmi diparipurnakan melalui sidang Paripurna DPRD Minsel, Lima Fraksi menyatakan setuju terhadap penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2013.

Bupati Minsel menyatakan, jika LKPJ kepala daerah, merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 tahun 2007 tentang laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Bupati juga menyatakan, jika penyelenggaraan keuangan oleh pemerintah daerah, sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah No 03 tahun 2013, harus dipertanggungjawabkan dihadapan DPRD selaku lembaga pengawas.

Dan sesuai peraturan tersebut, maka Pemkab Minsel saat ini hendak menyampaikan LKPJ Bupati Minsel tahun 2013 kepada DPRD untuk selanjutnya dibahas dalam rapat Paripurna Dewan secara internal, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.”Apalagi dalam Undang-Undang No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa penyelenggaraan pemerintahan daerah dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum dan daya saing daerah melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, dalam bingkai NKRI, serta upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dilaksanakan melalui pembangunan daerah dilaksanakan bersama-sama antara Pemkab Minsel dengan seluruh komponen masyarakat melalui tahapan-tahapan yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan, dan hasil-hasil pembangunan tersebut disampaikan Bupati dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati kepada DPRD,” jelas Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini.

Tetty juga menyampaikan, dalam LKPJ tersebut memuat arah kebijakan umum pemerintah daerah, pengelolaan keuangan daerah secara makro baik dari aspek pendapatan maupun belanja daerah, penyelenggaraan urusan desentralisasi, penyelenggaraan tugas pembantuan, dan penyelenggaraan tugas umum pemerintahan.”LKPJ ini merupakan akumulasi dari pelaksanaan dan capaian program dan kegiatan dari semua SKPD jajaran Pemkab Minsel, baik secara teknis maupun administratif telah memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja Pemerintah di Kabupaten Minsel. Dan ini saya patut beri apresiasi yang luar biasa,” ujar istri tercinta dari Kristovorus Deky Palinggi ME ini.

Lanjut Tetty membeberkan sejumlah data penting yang menunjukkan keberhasilan Pemkab Minsel di tahun 2013 sebagaimana realisasinya banyak tercapai sesuai target. Meski demikian, Bupati juga mengungkapkan laporannya sejumlah item yang realisasinya belum sampai mencapai target.”Kedepan harus lebih kami ditingkatkan dan akan lebih bekerja keras lagi,” ujarnya.

Kegiatan tersebut, langsung dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antar Bupati dan Pimpinan DPRD Minsel. Adapun Sidang Paripurna itu, turut dihadiri oleh Wakil Bupati Minsel Drs Sonny Tandayu, seluruh Anggota DPRD Minsel, Jajaran Muspida, Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi, para Staf Ahli, Asisten, Kepala SKPD baik Kepala Dinas, Kantor dan Badan, serta Lurah dan Camat di jajaran Pemkab Minsel.(dav)

Inilah Realisasi Anggaran Pendapatan dan belanja Daerah Tahun 2013 :

I.     Pendapatan                 Rp. 604 614 969 40

II.     Belanja                       Rp. 561 242 693 084

Surplus                       Rp. 43 372 276 324

III.     Pembiayaan

Penerimaan                 Rp 31 105 167 165

Pengeluaran               Rp 12 970 828 220

Silpa                           Rp 61 970 828 220

Selisih Anggaran dengan Realisasi Pembiayaan NETO

I.       Anggaran Pembiayaan NETO

Setelah perubahan       Rp. 14 209 980 755

II.       Realisasi                     Rp. 18 589 551 896

Selisih Lebih               Rp. 4.388 571 141

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*