Selasa, 17 September 2019

Minsel Berpeluang Pilkada Langsung

AMURANG, (manadoterkini.com)-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sudah di depan mata. Tahapannya sendiri kemungkinan akan dimulai awal bulan November mendatang. Jelang tahapan, banyak warga yang bertanya-tanya, apakah Pilkada di Minsel akan dilakukan oleh DPRD atau dilakukan secara langsung oleh rakyat.

Ketua KPU Minsel DR Franley Pangemanan mengungkapkan, Pilkada Minsel berpeluang dipilih langsung oleh rakyat.”Dengan ditandatanganinya Perppu oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) beberapa waktu lalu, sangat membuka peluang Minsel Pilkada langsung,”ujar Pengemanan.

Dia mengaku kalau saat ini dirinya bersama rekan-rekan KPUD lainnya sedang menunggu peraturan lanjutan teknis, tentang pelaksanaan dari Perppu tersebut.”Agar KPU Provinsi, Kabupaten dan Kota tidak salah menginterpretasikan keliru tentang Perppu, perlu ada penjabaran lebih detail sehubungan dengan Perppu,” ungkap Pangemanan.

Lanjutnya, bila dilihat tahapan Pilkada Minsel sudah jalan. “Untuk lebih jelasnya, Rabu (15/10), kami akan mengikuti Silaturahmi Nasional (Silatnas) yang disponsori oleh Mendagri dan akan dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden di Bogor. Acara ini tidak lain untuk pencerahan dan informasi lebih detil terkait Perppu yang baru ditandatangani presiden.”tegas Pangemanan.

Anggota KPU Minsel lainnya Dolfie Tutu, menuturkan bila mengacu pada Perppu yang telah ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan petunjuk yang beberapa waktu lalu disampaikan Mendagri, Minsel sangat berpeluang besar pilkada langsung.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*