Selasa, 17 September 2019

Pekan Ini Pengumuman Lulus Verifikasi Berkas CPNS 2014

MANADO, (manadoterkini.com) — Pelamar CPNS 2014 Manado, pada pekan ini akan mengetahui apakah berkas yang telah dikirim melalui PT Pos dan diterima BKD Manado lulus verifikasi atau tidak. Demikian dikatakan Kepala BKD Manado Ventje Pontoh SH kepada wartawan Senin (13/10). “Sebenarnya hari ini (kemarin, red) pengumuman dilakukan namun berhubung Sekkot lagi tugas luar daerah sehingga ditunda. Tapi yang pasti pekan ini pengumuman lulus verifikasi berkas CPNS 2014 dilakukan,” ungkap Pontoh.

Akan ujian tes akan dilangsungkan mulai tranggal 30,31 Oktober dan 1 November 2014. “Lokasi ujian akan dilaksanakan di Kanreg XI BKN Mapanget. Akan dites intelegensia umum (TIU), tes wawasan kebangsaan (TWK) dan tes karakteristik pribadi (TKP). Usai ujian tinggal menunggu hasil dari pengumuman siapa yang lolos sebagai CPNS 2014 dari BKN,” kata Pontoh.

Untuk   pengambilan nomor peserta ujian CPNS 2014 BKD akan melayangkan pengumuman ke media dan pasang pengumuman di kantor Pemkot serta pemberitahuan ke email masing-masing peserta yang dianggap lolos berkas.

“Diperkirakan kemungkinan akan dilakukan ujian selama 3 hari khusus CPNS Manado. Karena akan dilakukan per paket dan setiap paket 100 peserta sementara Manado ada sekitar seribu peserta,” terangnya.

Dilain sisi, dalam ujain CPNS 2014 ini konon kabar passing grade pada tahun lalu 75 untuk tes intelegensia umum (TIU), 70 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK) dan 105 untuk tes karakteristik pribadi (TKP) akan dinaikkan.

Ketentuan mengenai ambang batas kelulusan TKD CPNS itu dituangkan dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 29 Tahun 2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS tahun 2014.

Passing grade untuk TKP ditetapkan dengan kriteria 72 persen dari nilai maksimal yakni 175. Untuk TIU jumlah soalnya 30, kalau jawaban benar semua nilai maksimal 150. Passing grade TIU merupakan 50 persen dari nilai maksimal, yakni 75 atau 15 jawaban benar. Sedangkan passing grade TWK ditetapkan 40 persen dari nilai maksimal, yakni 175 (jumlah soal 35), yakni 70.

Artinya, meskipun total nilai peserta tinggi tetapi ada salah satu kelompok soal yang tidak memenuhi passing grade, peserta tes tetap tidak lulus. (*ald))

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*