Sabtu, 7 Desember 2019

Banyak Perusahaan di Minsel Bayar Gaji Karyawanya di Bawah UMP

AMURANG, (manadoterkini.com)- Sejumlah Perusahaan yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dikabarkan hingga kini masih belum menerapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) dalam membayar gaji para karyawannya.

Bahkan membayar upah pekerjanya hanya sebesar Rp 600-400 ribu per bulannya. Nilai itu jauh dari UMP pada 2014 sebesar Rp 1.950.000.

Seperti yang dikeluhkan oleh sejumlah karyawan yang bekerja sebagai sales di salah satu perusahaan ternama yang berlokasi di Pusat kota Amurang, mereka mengaku kalau gaji mereka berfariasi, ada yang hanya menerima Rp 600 ribu ada juga yang hanya mendapatkan gaji Rp 400 ribu.”Kalau saya setiap bulan mendapat gaji Rp 600 ribu dan itupun jika ada barang yang laku terjual, dan jika tidak ada barang yang laku sering gaji kami hanya terima 400 ribu,” keluhnya sembari meminta namanya jangan ditulis.

Hal yang sama dikeluhkan oleh teman kerjannya, Dia mengaku kalau dirinya hanya mendapatkan gaji perbulan Rp 400 ribu.”Itupun jika ada barang yang diambil oleh konsumen, jika tidak kadang saya hanya mendapatkan Rp 200 ribu, padahal Ijasah asli kami di tahan perusahaan. Padahal setahu saya jika perusahaan menahan ijasah asli harus digaji sesuai UMP, tapi nyatanya tidak,” katanya.

Hanya saja, sangat disayangkan, para karyawan perusahaan di Minsel ini sendiri cenderung tidak pernah memprotes langsung ke perusahaan.”Kami takut melaporkan, karena jika kami laporkan, kami pasti akan di berhentikan oleh Perusahaan,” pungkas keduanya.(dav)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*