Kamis, 12 Desember 2019

Andre Umboh Layak Dampingi Tetty di Pilkada Minsel

Bupati Minsel

Tetty Paruntu – Andry Umboh

AMURANG, (manadoterkini.com) – Sejumlah masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengakui, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE, sulit disaingi dalam pertarungan merebut kursi DB 1 E, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 mendatang. Baik pemilihan dilakukan oleh DPRD maupun oleh rakyat (Pilsung). Tidak mengherankan bila saat ini, yang hangat dibicarakan adalah figur papan dua (Wakil Bupati-red).

Dari sekian nama, sosok Akademisi Ir Harits Andre Umboh, dinilai sejumlah kalangan layak mendampingi Tetty di Pilkada Minsel 2015 mendatang. Menurut tokoh masyarakat Minsel i Tonny Lumenta SH, menilai kalau sosok Andre Umboh merupakan putra asli Minsel.”Lahir dan dibesarkan di Desa Makaruyen Modoinding, Umboh begitu dekat dengan warga di Minsel dan juga Minsela. Bukan itu saja, di kalangan generasi muda, terlebih para mahasiswa Unima dan Unsrat asal Minsel dan Minsela, sangat mengenal sosok Umboh,” ujar Lumenta.

Hal senada dikatakan Ridel Lengkey. Dikatakannya, Umboh merupakan figur yang sangat loyal terhadap atasan dan mampu menjaga kepercayaan yang telah diberikan, serta tidak pernah bersinggungan dengan orang lain, terlebih pimpinan.”Saya rasa karakter seperti ini yang dibutuhkan Christiany Eugenia Paruntu, untuk membantunya menjalankan roda pemerintahan pada 2015-2020,” katanya.

Apalagi sosok Andre Umboh merupakan figur sederhana dan juga merakyat.”Mungkin untuk jabatan Wakil Bupati periode 2015-2020, Tetty bisa memberi kesempatan para akademisi untuk mendampinginya menjalankan roda pemerintahan. Pasalnya, berpasangan dengan birokrat, Tetty sudah pernah menjalani, tidak ada salahnya bila kali ini lebih melirik kalangan akademisi,” ujarnya.

Lanjutnya kalangan akademisi mempunyai kelebihan lain bila dibandingkan dengan birokrat. Terlebih dari segi pendekatan kepada bawahan dan juga rakyat.”Contoh banyak kalangan akademisi yang dipercaya menjabat wakil seperti halnya Wakil Gubernur (Djouhari Kansil) , dan mantan Wakil Bupati (J W Sajow, saat ini Bupati Minahasa-red) dan Wakil Walikota (Harley Magindaan) . Saya rasa tidak ada salahnya bila pada Pilkada 2015, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu mengambil orang-orang dari kalangan akademisi, untuk mendampinginya sebagai wakil bupati seperti halnya Ir Harits Andre Umboh,” tandasnya.(dav)

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*