Sabtu, 7 Desember 2019

Lelang Jabatan, Bupati Minsel Tuai Dukungan Warga

AMURANG, (manadoterkini.com)-Sejumlah elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menyambut baik rencana Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE melakukan lelang kepada sejumlah jabatan penting di lingkungan Pemkab Minsel.”Lelang jabatan itu bagus sepanjang dilaksanakan dengan benar sesuai peraturan yang ada,” ujar Tonny Lumenta SH tokoh muda Minsel ini kepada manadoterkini.com Rabu (16/10) siang tadi.

Lumenta menjelaskan, lelang jabatan yang merupakan salah satu bentuk seleksi pejabat itu memberikan peluang bagi pegawai negeri sipil yang telah memenuhi syarat jenjang kepangkatan, pengalaman, dan golongan.

Menurut dia, lelang jabatan bukan merupakan bentuk ketidakpercayaan Bupati Minsel terhadap birokrat.”Lepas dari itu, ini adalah salah satu cara yang baik dari Bupati untuk membuka peluang bagi PNS yang mempunyai kualifikasi yang telah ditentukan untuk mengisi jabatan tertentu,” tandasnya.

Hal senada dikatakan Carter Lumantow SH MH, dirinya mengaku sangat mendukung kebijakan Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE yakni mulai menerapkan UU Aparatur Sipil Negara pada penempatan pejabat struktural khususnya eselon II sudah tepat. Sistem seleksi untuk penempatan pejabat, merupakan langkah tepat di tengah upaya Pemkab Minsel khususnya Bupati, Christiany Eugenia Paruntu SE, menghadirkan pemerintahan yang profesional.‚ÄĚDengan sistem seleksi, itu berarti akan terjadi persaingan antara para calon pejabat, sehingga diharapkan pejabat yang ditempatkan nanti benar-benar orang yang tepat serta jabatannya nanti sesuai dengan basic pendidikan,” tukas Alumni Fakultas Hukum Unsrat ini.

Hanya saja, dirinya menyarankan agar kebijakan lelang jabatan ini bukan hanya diberlakukan untuk jabatan eselon II.”Jangan hanya jabatan saja yang diseleksi, semua baiknya diseleksi agar penerapan UU ASN berlaku di semua jabatan. Dengan begitu, semua pejabat di Minsel bisa dikatakan memenuhi syarat karena semuanya melalui proses seleksi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala BKDD Minsel, Drs Roy Tiwa yang dimintai tanggapannya mengatakan, kebijakan ini saat ini hanya akan berlaku kepada jabatan eselon II, tetapi sesuai intruksi Bupati harus semua jabatan baik eselon II, III, dan IV. Hanya saja untuk lelang jabatan ini baru akan diberlakukan untuk jabatan eselon II.”Kita juga sedang mempertimbangkan mekanisme ini untuk diberlakukan pada jabatan Camat dan Lurah,” ujar Tiwa.

Menurutnya, salah satu alasan jabatan tersebut dilelang, karena orang yang memegang jabatan ini harus kredibel serta menguasai lapangan atau area tugas.”Perlu diingat keduangya memegang wilayah dan menjadi ujung tombak pemerintahan,” tukasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*