Kamis, 12 Desember 2019

Segera Masuk Hanggar, Pedagang Pasar Bahu Ditertibkan

Koagow : Diutamakan Pedagang Penduduk Setempat

manado

Penertiban pedagang di jalan Bahu samping rumah alm Adrianus Tarore

MANADO, (manadoterkini.com) – PD Pasar Manado terus melakukan pembenahan. Terbukti, setelah pasar Bersehati beberapa waktu lalu, Kamis (16/10) tadi sekitar Pukul 09.00 WITA melakukan penertiban para pedagang Pasar Bahu yang telah mengunakan jalan sebagai tempat jualan dipindahkan ke dalam hanggar yang telah diperluas PD Pasar.

Koordinator Pasar Bahu, Audy Koagow yang dikonfirmasi manadoterkini.com, menuturkan penertiban yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja tersebut, berjalan baik atas koordinasi Lurah Bahu, Pala dan koordinator pasar Bahu. “Penertiban berjalan baik, aman dan lancar, karena terkoordinasi antara Kelurahan Bahu, para Pala dan koordinator pasar Bahu,”kata Waseng sapaan akrab Koagow.

Diakuinya, pasar Bahu tidak bisa lagi menampung jumlah pedagang, namun pihak PD Pasar telah mengantisipasi dengan perluasan hanggar yang tinggal ditempati oleh pedagang.”Karena sudah tidak lagi tampung, jadi diutamakan pedagang yang penduduk setempat,”tandasnya.

Dilain pihak Pemkot Manado berencana untuk merelokasi Pasar Bahu tersebut ke wilayah Malalayang, mengingat lokasi saat ini sudah tidak representatif lagi. Pasalnya, lokasi pasar Bahu sudah berdekatan dengan pasar modern atau swalayan seperti fresmart. “Memang lokasi pasar Bahu sudah tidak representatif lagi , karena sudah masuk kawasan Bahu Mall. Jadi sudah sepantasnya Pemkot memindahkan ke wilayah Malalang,”tutur pemerhati pemerintahan Kota Manado Widdy Rorimpandey SP MPd.

Terkait rencana pemindahan Pasar Bahu, Kepala Bappeda Peter KB Assa Ph.D mengakui telah masuk dalam APBD-Perubahan untuk pengadaan lahan baru. “Untuk pengadaan lahan baru relokasi pasar Bahu ke wilayah Malalayang telah ditata lewat APBD dan melalui instansi teknis Dinas Koprasi dan UMKM,”tuturnya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*