Kamis, 12 Desember 2019

Inspektorat Sulut Bidik Mobnas Pemkot Manado Pajak dan STNK Menunggak

manado

Pemeriksaan STNK dan Pajak kendaraan dinas Pemkot Manado

MANADO, (manadoterkini.com) – Inspektorat Pemprov Sulut Kamis (16/10) melakukan pemeriksaan Mobil Dinas (Mobnas) di Pemkot Manado. Inspektorat Provinsi Sulut Wilayah I mencakup Manado, Minsel, Talaut dan Bolsel.

Edwin Tambuwun yang dikonfirmasi disela-sela pemeriksanaan menyatakan, kalau pihaknya melakukan pemeriksanaan tidak hanya kondisi Mobnas tapi termasuk surat-surat kendaraan seperti pajak dan STNK. “Kami sebagai aparat interan tujuannya untuk benahi pengelolaan aset mobnas. Tapi menunggak pajak dan STNK saya kira tidak mungkin karena setiap kendaraan yang ada di dinas di pemerintah Kabupaten/Kota manapun ada alokasi anggaran untuk biaya pengurusan surat-surat kendaraan,” terang Tambuwun.

Akan temuan dikatakannya belum direkap namun satu dua kedepan telah siap. “Kami akan beberkan ke media jika memang diminta. Yang pasti mulai ganti plat nomor juga kami akan periksa. Ini juga peta pengawasan kami. Jika nanti ada temuan akan kami rekomendasikan untuk lakukan pembenahan aset ini. Dan kalau ada kerugian negara harus dikembalikan,” jelasnya.

Terkait dengan kerugian Negara, bisa saja melalui tukar menukar bagian kendaraan. “Inventaris dinas sebenarnya harus sesuai mekanisme dan prosedur karena intinya untuk tertibkan,” tambahnya.

Dari total 892 kendaraan Dinas baik bus, mobil dan motor Tambuwun mengatakan akan ada rekapitulasinya berapa layak jalan, rusak berat dan mungkin hilang. “Nanti akan didata berapa kendaraan yang masih ada dan berapa kendaraan yang sudah tidak ada,” tutupnya. (ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*