Selasa, 17 September 2019

Jelang Adipura BLH Manado Mantapkan Koordinasi

MANADO, (manadoterkini.com) – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Manado terus memantanpakan koordinasi kinerja dengan seluruh instansi menjelang Penilaian Adipura (P1). Hal ini diungkapkan Kepala BLH Manado Herry Saptono.

Menurutnya, langkah koordinasi terus dilakukan dengan instansi lainnya seperti Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PU serta pihak Kecamatan.”Koordinasi kerja terus kita bangun dengan instansi teknis lainnya. Karena untuk menghadapi penilaian Adipura itu bukan hanya tugas BLH dan Dinas Kebersihan. Banyak aspek yang turut serta sehingga Adipura bisa kita raih,”ungkap Saptono.

Mantan Camat Singkil tersebut menjelaskan koordinasi antar instansi menjadi keharusan guna mencapai satu tujuan dan impian bersama yakni Adipura Kencana.”Khusus untuk Dinas Pendidikan menyangkut kebersihan di Sekolah. Kalau Dinas Perhubungan menyangkut penataan terminal, Dinas Kebersihan lebih pada pengangkutan sampah hingga ke TPA, Dinas Kesehatan berhubungan dengan Puskesmas dan sampah medik. Koordinasi ini tujuannya satu yakni menjadikan Manado indah dan nyaman bersih dari sampah,”terangnya.

Lanjutnya, bagi sekolah di Manado akan ada penilaian Adiwiyata. Makanya, kebersihan lingkungan sekolah dan toilet perlu mendapat perhatian ekstra, termasuk penghijauannya. “Sekolah bukan hanya tempat belajar, tapi ikut bertanggung jawab menyelamatkan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Karena sudah menjadi tugas kami untuk terus berkerja keras melakukan koordinasi dengan instansi lainnya. Maka itu dibutuhkan kerja sama yang baik,”jelasnya.

Dia pun menambahkan agar masyarakat mengangkat budaya bersih dan sehat. Karena tampa koordinasi kebersihan lingkungan di Kota Manado tidak akan meningkat. “Jadi kebersihan menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya Pemerintah,”pungkasnya.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*