Kamis, 19 September 2019

Kedalaman Tinggal 18 Meter, Jangan Sampai Danau Tondano Jadi Kenangan

TONDANO, (manadoterkini.com) – Revitalisasi Danau Tondano perlu diseriusi bersama jangan sampai tinggal kenangan seperti Danau Limboto di Gorontalo. Kekhawatiran sejumlah pemerhati lingkungan sangat beralasan, karena dari infomasi kedalamannya tinggal 18 meter.

Anggota DPRD Sulut, dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fanny Lengoh menuturkan kedalaman Danau Tondano yang tinggal menyisahkan 18 meter bukan menakut-nakuti tapi fakta. Padahal, tahun 1955 Danau Tondano mencapai 56 meter.

“Penelitian oleh Emil Salim pada tahun 1955 ketika masih mahasiswa kedalaman Danau Tondano mencapai 56 meter. Penelitian yang sama tahun 1991 tinggal 27 meter dan terus mendangkal hingga sekarang kedalaman tersisa 18 meter,” tukas Legoh.

Dia pun menambahkan Danau Tondano memiliki fungsi yang sangat banyak. Selain menjadi sumber pembangkit listrik, juga menjadi sumber mata pencaharian warga lingkat danau. Makanya Danau yang menjadi kebanggaan Sulut itu sangat vital. “Masalah eceng gondok bukan hanya tugas Pemerintah Minahasa tapi perlu dukungan semua pihak. Kalau perlu harus ada presure ke pusat untuk penyelamatan Danau Tondano,”pungkasnya.(tr3)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*