Minggu, 15 Desember 2019

Catatan Penting Dr Ferry Liando Buat Pemimpina Baru Indonesia

manado

Liando dalam satu kesempatan.(ist)

MANADO, (manadoterkini.com) – Pengamat politik dan pemerintahan Dr Ferry Daud Liando Msi, memberikan empat catatan penting bagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kallah yang beberapa menit lagi akan dilantik, untuk membawah perubahan bagi bangsa indonesia tercinta.

“Hal penting  pertama dan utama adalah konsolidasi kelembagaan Negara. Politik tidak akan pernah kondusif jika tidak terbangun komunikasi politik antar lembaga Negara. Apalagi baik pimpimpinan MPR RI maupun pimpinan DPD RI punya afiliasi politik yang berbeda dengan Jokowi,”ujar Liando yang juga Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) UNSRAT Manado.

Poin penting lainnya, yang perlu diperhatikan pemerintahan baru Indonesia dengan membangun komitmen dengan mitra kerja. “Pikiran politik Jokowi harus berderet lurus dengan pikiran Jusuf Kalla dan Megawati. Jika ini tidak dibangun kepemimpinan Jokowi akan diganggu oleh dua sosok ini,” kata salah satu pengurus AIPI Manado.

Liando juga menuturkan pentingnya pemimpin baru Indonesia membangun kepercayaan dengan luar negeri karena situasi politik international, menyumbangkan pengaruh besar pada kemajuan Bangsa Indonesia.“Membangun kepercayaan dengan pihak luar negeri. Situasi politik yang mencekam belakangan ini menjadikan Indonesia menjadi negara yang dihindari dalam kerjasama atau investasi,”tandasnya.

Putra kelahiran Malola, Minahasa Selatan itu, pun menambahkan setelah dilantik Jakowi harus menyakinkan bangsa ini bahwa dirinya bukan hanya milik PDI-P, PKB, NasDem, Partai Hanura dan PKPI.”Setelah dilantik, Jokowi – JK menjadi miliki seluruh rakyat Indonesia. Sekat-sekat politik perlu dibenahi agar Jokowi bisa diterima oleh masyarakat,”tutup Liando.

Seperti diketahui sekitar Pukul 10.00 WIB, pasangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kallah, Senin (20/10) dilantik untuk lima tahun kedepan di Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*