Sabtu, 21 September 2019

Seminar Way Tu Success, Wawali : Hadapi MEA, SDM Harus Disiapkan

manado

Aksi Wawali dalam seminar Way To Success

MANADO, (manadoterkini.com) – Menjadi pemateri dalam seminar Way To Success, Wawali Harley AB Mangindaan, mengajak para mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Samratulangi, mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) jelang MEA 2015.

“Sebetulnya, perlu usaha agar SDM Indonesia dan asing itu memiliki kesetaraan dan pengakuan dan nantinya SDM di kota Manado khususnya harus baik dan memiliki daya saing apalagi dalam menyambut MEA2015” ujar Wawali.

Dijelaskan Wawali, semua pemerintahan ingin memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan kompetensi dan keahlian makanya itu menjadi dasar ketika adanya lelang jabatan ataupun rolling.”Karena itu harus disesuaikan dengan kompetensinya,”kata Wawali.

Dalam seminar tersebut, Wawali memaparkan materi tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). “KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja. Pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sector,”terang Wawali dihadapan 300 mahasiswa berbagai jurusan maupun Universitas di Kota Manado.

Lanjut Wawali, di belahan dunia lain, KKNI dikenal luas sebagai National Qualification Framework (NQF) adalah isu besar yang menyeret secara bersama-sama elemen dunia pendidikan, ketenagakerjaan, dan dunia kerja.“Hal ini juga tercantum jelas dalam Perpres Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI,”katanya.

Ditambahkannya KKNI terdiri atas sembilan jenjang yang dimulai dari tamatan pendidikan dasar (kualifikasi 1), pendidikan menengah baik SMA maupun SMK (kualifikasi 2), lulusan Diploma 1 sampai Diploma 3 (kualifikasi 3, 4, dan 5), dan lulusan pendidikan profesi (kualifikasi 6) serta S-1/Diploma 4, S-2 dan S-3 (berurutan kualifikasi 7, 8, 9).

Kegiatan yang dibuka Ketua program study Universitas sam Ratulangi Dr.Eng. Steven Sentinuwo.M.Ti, dihadiri juga Prof. Zainal A.Hasibuan, Ir.,MLS, PhD selaku Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan dan Agus Setiawan SE.MM.ITIL.COBITS selaku Executive Director Multimatics sebagai pemateri.(ald)

Tags: , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. Setuju pak. SDM kita harus ditingkatkan supaya dapat bersaing di dunia international.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*