Minggu, 8 Desember 2019

BMKG Prediksi Intensitas Hujan Akan Merata

MANADO, (manadoterkini.com) – Intensitas curah hujan minggu ketiga bulan Oktober ini mulai tinggi. Hal ini pun sesuai prediksi Badan Meteorologi dan Klimontologi Geofisika kalau prakiraan cuaca BMKG secara umum di Sulut, memang sudah memasuki awal musim hujan didekade ketiga pada Oktober ini. Dan perkiraan paling lambat, intensitas hujan merata terjadi pada dekade pertama pada bulan November.

“Tapi jika dilihat beberapa hari yang lalu, hujan turun tidak merata di Manado dan sekitarnya, tapi saat ini sudah terlihat merata. Dari prediksi BMKG, iklim saat ini terpantau sudah akan memasuki musim hujan,” beber Prakirawan cuaca BMKG Sulut Nur Hadi Selasa (21/10).

Tapi jika dilihat dari kondisi cuaca lanjutnya, pertumbuhan awan-awan hujan memang sudah cukup banyak terutama pada siang hari. “Jadi kami mengimbau pada masyarakat, tetap waspada akan turunnya hujan di siang hari. Sekalipun ini hanya prediksi BMKG, tapi jika alam berkehendak lain, siapa yang tahu,” pesannya.

Sementara itu, website resmi BMKG dengan alamat, http://meteo.bmkg.go.id/prakiraan/propinsi/25 kalau wilayah kota Manado hingga beberapa hari kedepan akan turun hujan. Meski dalam pemberitahuan tersebut tercatat hujan skala ringan, dengan suhu 21-32 oC, kelembaban 50-96%, serata kecepatan angin mencapai 19 km/jam dengan arah angin Barat Laut.

Akan hal tersebut Wawali Manado Dr Harley Mangindaan menyarankan agar warga waspada namun dihimbau juga tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya, saat ini hujan hanya sebentar langsung meluap air dari saluran ke jalan dan terdapat begitu banyak sampah plastik. “Untuk bersahabat dengan lingkungan tentunya kita juga harus menjaga lingkungan kita sendiri. Buang sampah sembarang akan berdampak pada lingkungan, genangan air, air meluap dari saluran yang tersumbat akan terjadi. Dan yang pasti sampah dari saluran air akan tembus ke laut dan bisa kita lihat sendiri laut kita akan banyak sampah yang tersebar hingga pemandangan akan tidak baik. Saya ajak mari kita jaga lingkungan kita dengan buang sampah ditempatnya,” pesan Wawali. (*/ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*