Jum'at, 6 Desember 2019

GSVL-Ai Ditantang Lelang Jabatan di Pemkot Manado

Areros : Kalau Diterapkan Tenaga Birokrat Bakal Sesuai Bidang

GSVL - Ai

GSVL – Ai

MANADO, (manadoterkini.com) – Wajah birokrasi Pemkot Manado diperkirakan akan tampil semakin beragam. Jika kehadiran Undang-Undang Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) memungkinkan pemerintah dan pemerintah daerah (Pemda) melelang atau seleksi terbuka jabatan untuk posisi jabatan tinggi.

Kementerian PAN-RB telah merilis Peraturan Menteri (Permen) PANRB Nomor 13/2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka di Lingkungan Instansi Pemerintahan. Permen itu menyatakan bahwa setiap instansi wajib menerapkan prinsip keterbukaan dan menghindari praktik terlarang untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi.

Demikian dijelaskan Pengamat Pemerintahan yang juga Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Welly Areros Msi. Dia berpendapat lelang jabatan akan timbulkan profesionalisme indiviu aparatar berdasarkan kopentensi. “Itu sebenarnya harus sampai didaerah kalau terapkan di Pemkot Manado jelas tepat sekali. Karena dengan begitu kita akan dapatkan seleksi tenaga birokrat yang profesional dan sudah teruji penempatan bidang-bidangnya nanti,” ungkap Areros.

Namun apakah hal tersebut dengan adanya payung hukum jelas serta telah dilakukan oleh mantan Gubernur Jokowi atau di beberapa lembaga dan instansi pemerintah pusat bisa dilakukan Pemkot Manado. “Saya tantang Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Ai lakukan lelang jabatan. Saya berpendapat bahwa lelang jabatan ini bisa berlaku di seluruh instansi pemerintah. Kan bisa dievaluasi keberhasilannya,” tambah Areros sembari menambahkan, Pemkot akan dapat menjaring sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

Disatu sisi Areros mengatakan, untuk menjadi pejabat di pemerintahan tidak ada kesan sisi kedekatan pimpinan atau sebagai tanda balas jasa yang mungkin ketika pada kampanye lalu didukung oleh pejabat tertentu.

“Ini akan menjadi peluang besar siapa saja bisa calonkan diri, yang penting sesuai persyaratan sesuai kemampuan,” kunci Areros.(*/ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*