Senin, 16 September 2019

Pesawat Cesna 95 Nyaris Ditembak Jatu oleh Sukhoi

manado

Inilah pesawat jenis Cesna 95 yang dipaksa mendarat oleh TNI AU Lanud Samratulangi.(ist)

MANADO, (manadoterkini.com) – Pesawat tempur Sukhoi milik TNI AU Lanud Makasar yang dipiloti Mayor TNI Wanda Juanda, nayaris saja menembak sebuah pesawat yang diketehui jenis Cesna 95 dicurigai penyusup masuk wilayah Indonesia tampa izin, Rabu (22/10) karean telah mengudara di wailayah terlarang selama kurang lebih empat jam.

Informasi yang berhasil dirangkum pesawat jenis Cesna 95 yang dipiloti Jecklin Paul yang masuk wilayah Indonesia tampa ijin kemudian dikejar pesawat Sukhoi milik TNI – AU Lanud Makassar yang dipiloti Mayor TNI Wanda Juanda, karena terbang di wilayah terlarang. Dimana pesawat itu terbang dari Darwin Australia hendak ke Philipina. Bahkan sudah empat jam pesawat itu mengudara di wilaya Indonesia.

Mengetahui sudah berada di wilayah terbang terlarang, yakni di wilayah Ambon, TNI-AU Lanud Makassar pun memberi peringatan. Sayangnya, peringatan itu tidak diindahkan. Aksi kejar-kejar pun terjadi.

Selanjutnya TNI-AU Lanud Makassar langsung mengontak TNI-AU Lanud Sam Ratulangi, Sulut. Kolonel TNI-AU Hesly Paat selaku Komandan Angkatan Udara Samratulangi Manado kemudian mengontak lewat radio dengan ancaman keras akan menembak pesawat Cesna 95 itu.

Akhirnya sekitar pukul 12.00 Wita, Jacklin Paul dengan terpaksa mendaratkan pesawatnya di bandara Sam Ratulangi Manado.Belum diketahui pasti maksud dan tujuan Paul dari Darwin hendak ke Filipina. Begitu juga status Paul, apakah sebagai mata mata atau bukan. Karena sampai berita ini diturunkan Paul masih terus diintertogasi oleh TNI AU di Markas Danlanud Samratulangi Manado

Menurut Verry Salmon salah satu warga yang menyaksikan langsung peswat Australia tersebut diturunkan. ”Pesawat yang masuk tanpa ijin di Wilayah Indonesia dipaksa mendarat di bandara Sam Ratulangi Manado, dikawal dua unit Jet Tempur Sukhoi. Barusan mendarat, penumpang pesawat langsung disergap TNI AU,” kata Verry

Lanjut dikatakannya, saat ini TNI AU da Kepolisian dari Polresta Manado sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait identitas para penumpang dari peswat tersebut.(*/tim)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*