Minggu, 15 Desember 2019

Penyerapan APBD Manado Hingga Triwulan 3 Capai Rp 620 Miliar

manado

Drs Manarsar Panjaitan MSi

MANADO, (manadoterkini.com) – Hingga triwulan ketiga penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Manado telah mencapai Rp 620 Miliar atau 47,7 persen dari total Rp 1,3 triliun, padahal kondisi baru bisa berjalan normal sekitar bulan Mei 2014, pasca banjir bandang.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPK-BMD) Pemkot Manado, Drs Manasar Panjaitan Msi, yang dikonfirmasi manadoterkini.com, mengakui penyerapan anggaran dipengaruhi bencana banjir bandang Januari lalu. “Dana terserap sekitara 47,7 persen dari tatal APBD Rp 1,35 Triliun. Memang penyerapan anggaran APBD tahun 2014 ini dipengaruhi bencana banjir lalu, karena normalnya nanti bulan Mei,”ungkap Manasar.

Lanjutnya, penyerapan anggaran tersebut oleh 144 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selang Januari hingga Desember. Untuk itu, Panjaitan mengingatkan SKPD agar memperbaiki kinerja dan serapan agar penggunaan anggaran maksimal dan tidak menjadi sisa lebih pengunaan anggaran (SILPA) di tahun 2015.”Harus diingat oleh seluruh SKPD bahwa waktu kerja tinggal sedikit. Jadi kinerja harus dipacu,”tandasnya.

Ia meminta SKPD yang belum menginput data untuk melakukan penginput data untuk melakukan pengimputan data tepat pata waktunya, agar tidak lambat karena akan berpengaruh pada serapan anggaran. “Selain berpengaruh pada kinerja, rendanya penyerapan akan berpegaruh pada jumlah dana alokasi di tahun berikutnya,”pungkasnya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*