Kamis, 12 Desember 2019

Capai Rp 2 Miliar, TGR Minsel Sudah Mulai Ditindaklanjuti

amurang

Adrie Keintjem SH

AMURANG, (manadoterkini.com) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), beberapa waktu lalu telah memberikan Opini Tidak Wajar (TW) terhadap pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Ini disebabkan adanya beberapa temuan di sejumlah SKPD baik administasi, Tuntutan Ganti Rugi (TGR) dan lain sebagainya yang mencapai Rp 2 miliar lebih.

Menurut Kepala Inspektorat Kabupaten Minsel Adrie Keintjem SH, temuan BPK baik itu administrasi dan juga TGR sudah mulai ditindaklanjuti Inspektorat Daerah.”Mungkin diketahui batas waktu 60 hari yang diberikan BPK untuk ditindaklanjuti, tepatnya sampai 5 November, sejauh ini sudah hampir rampung seluruhnya,” ujar Keintjem.

Ditambahkannya, untuk kesalahan administrasi seperti di Dikpora antara PPK dan pihak ketiga, demikian juga di DPRD Minsel terkait perjalan dinas semua sudah diselesaikan.”Memang dari temuan Rp 2 miliar lebih, masih ada beberapa ratus juta lagi yang harus dikembalikan ke kas daerah. Dan perlahan-lahan mulai dibayarkan. Kalau masih ada sisa kerugian, ini adalah tanggung jawab mutlak PNS yang terkena TGR,” jelasnya.

Lanjutnya, sesuai perintah Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE, semua yang terkena TGR harus mengembalikan dalam batas waktu 60 hari. Bila tidak, selain Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) dipotong, gaji juga akan di potong.”Saya optimis, sebelum 5 November temuan Rp 2 miliar lebih ini akan tuntas,” tandas mantan Kabag Hukum Pemkab Minsel ini.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*