Kamis, 12 Desember 2019

Master Plan Kebun Raya Ratatotok Terus Disosialisasikan Pemkab Mitra

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Pemkab Minahasa Tenggaran (Mitra) bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) DPRD Mitra, pengurus Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara (YPBSU) dan perwakilan PT. Newmont Minahasa Raya (NMR), Rabu (22/10) mensosialisasikan master plan rencana pembangunan Kebun Raya Ratatotok.

Bupati Mitra James Sumendap SH mengataka, sosialisasi ini dilaksanakan, guna mendengarkan juga masukan terkait pembangunan Kebun Raya Ratatotok agar dapat dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) supaya program master plan yang disusun LIPI dapat ditindaklanjuti.

“Pembangunan kebun raya ratatotok ini sangat baik untuk kelangsungan ilmu pengetahuan dan juga pemanfaatan hutan eks tambang PT. NMR. Ini nantinya akan berdampak positif bagi kelangsungan ekosistem didalamnya. Oleh karena itu, masukan untuk master plan ini menjadi hasil yang mendekati sempurna, guna kita pakai dalam pembangunan kebun raya ini. Sebab, kebun raya ini adalah satu-satunya yang ada di dunia, dimana juga perusahaan tambang PT. NMR, bertanggung jawab mengembalikan ekosistem yang hilang,” terang Sumendap.

“Menjadi harapan kita bersama juga, di tahun depan kebun raya ini sudah boleh diresmikan. Untuk itu, kita harus mempersiapkan secara matang baik fasilitas dan tentunya legalitas formal keberadaan kebun raya ini. Saya harapkan kepada jajaran Pemkab Mitra, segera mempersiapkan dokumen yang diperlukan agar supaya secepatnya dapat diajukan kepada DPRD untuk membuat Perda kebun raya ini,” jelas Sumendap.

Sementara DR. Joko R. Witono mewakili LIPI mengatakan, terkait master plan kebun raya ini, sudah tertuang profil, program pembangunan, dan tahap pembangunan kebun raya.

Turut hadir dalam sosialisasi itu, Wabup Mitra Ronald Kandoli, Ketua DPRD Drs. Taviv Watuseke, Wakil Ketua DPRD Tonny H Lasut AmTm dan Katrin Mokodaser, Presdir PT. NMR David Sompi, pengurus YPBSU, Sekdakab Mitra Ir. B.A. Tinungki MEng, dan para pejabat di Lingkup Pemkab Mitra.(tr4)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*