Senin, 16 September 2019

2015, Jabatan Camat dan Lurah di Minsel Bakal Dilelang

Minsel, PEmkab Minsel

Kantor Bupati Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com) – Setelah jabatan eselon II di Pemkab Minsel direkrut melalui mekanisme lelang lewat Panitia seleksi (Pansel) tahun 2014 ini, hal yang sama juga bakal dilakukan bagi Camat dan Lurah pada tahun 2015 mendatang. Pasalnya, mekanisme lelang untuk penempatan Camat dan Lurah secara implisit tersirat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permengri) Nomor 13 tahun 2014,.

“Saat ini kita sementara mempertimbangkan untuk pengisian jabatan Camat dan Lurah dilakukan secara lelang atau melewati mekanisme panitia seleksi. Alasannya, kedua jabatan tersebut memang harus ditempati mereka yang kredibel serta menguasai lapangan atau area tugas. Perlu diingat keduanya memegang wilayah dan menjadi ujung tombak pemerintahan melayani masyarakat,” ujar Kepala BKDD Minsel Drs Roy Tiwa kepada manadoterkini.com Kamis (23/10).

Rencana lelang jabatan terhadap Camat dan Lurah di Pemkab Minsel, kata Tiwa akan diberlakukan pada 2015 mendatang. Karena tahun ini pihaknya masih terkonsentrasi pada jabatan eselon II.”Memang melihat UU ASN dan Permendagri memungkinkan sistem lelang diberlakukan pada jabatan eselon III ini,” jelasnya.

Sementara itu, rencana Pemkab Minsel untuk melakukan lelang terhadap jabatan Camat dan Lurah ini mendapat dukungan sepenuhnya dari sejumlah elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Minsel. Menurut mereka, dengan diberlakukannya sistem lelang pada penempatan jabatan sudah sangat tepat. “Persyaratannya sangat jelas dan jenjang karir kepegawaian terjamin dalam aturan,”kata Carter Lumantow SH MH yang diamini Stori Moring SPd.

Hanya saja, untuk perekrutan disesuaikan atau ditambah syarat sesuai dengan latar belakang pendidikan. “Dimintakan basis ilmu masuk kriteria. Hal penting menyangkut pemahaman akan bidang tugas. Dalam artian penempatan jabatan sesuai dengan kompetensinya yang disandang. Jangan semisal seorang sarjana sosial nantinya menjabat di pertanian atau kehutanan, begitupun sebaliknya,” tandas Moring.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*