Kamis, 12 Desember 2019

Belajar Peningkatan Pelayanan, 177 Kumtua dan Lurah Minsel Ikut Pelatihan di Batam

AMURANG, (manadoterkini.com)-Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat, 167 Hukum Tua (Kumtua) dan 10 Lurah yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dalam waktu dekat ini akan diberangkatkan ke Pulau Sumatera dengan tujuan Batam.

Keberangkatan para Kumtua dan Lurah ini tujuan utamanya adalah melakukan study banding (studing) di Batam. Dimana sebagai ujung tombak atau perpanjangan pelayanan dari Pemkab Minsel, Kumtua dan Lurah harus mengetahui proses pelayanan yang dilakukan oleh Lurah dan Kumtua dari daerah yang lebih maju seperti Batam.”Rencananya Kumtua dan Lurah akan berangkat untuk pelatihan sekaligus studi banding di Batam pada pekan depan,” ujar kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Minsel Ollyvia Lumi, SSTP, MSi.

Menurutnya pelatihan yang akan diikuti oleh Kumtua dan Lurah, semata-mata untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan apa yang didapat dalam pelatihan dan studing dapat dipertanggung jawabkan dan diimplementasikan dalam tugas dan kerja sebagai perpanjangan tangan dari Bupati dalam hal ini Pemkab Minsel. Untuk anggaran keberangkatan para hukum tua tentunya diambil dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang sudah tertata dalam APB-Des. Untuk kebarangkatan Kumtua dan Lurah tergantung dari pencairan ADD dan kumtua dan Lurah yang memasukan dan menganggarkan dana pelatihan dalam APB-des. selain itu semua Kumtua dan Lurah sudah memasukan SPJ pemanfaatan ADD yang sudah dicairkan sebelumnya. Selain itu untuk proses pencairan hukum tua dan lurah harus lunas pajak bumi dan bangunan (PBB) dengan menunjukan rekomendasi dari Camat.

Sementara itu sejumlah Kumtua dan Lurah mengaku senang dengan kegiatan pelatihan yang akan dilakukan di Batam. Kegiatan ini sangat penting untuk menunjang peningkatan pelayanan di Desa dan Kelurahan.”Kegiatan ini memang sangat penting untuk menambah wawasan dan pengetahuan, sehingga kami (Kumtua) bisa menimba ilmu dalam hal proses pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat di daerah lain yang lebih maju,” ujar Ruddy Kodongan SE Kumtua Desa Raanan Baru yang juga ikut dibenarkan oleh Kumtua Desa Lalumpe Wiliam Sengkey.

Menurut keduanya, Kumtua dan Lurah sangat berterima kasih kepada Bupati Minsel Christiany E Paruntu yang terus memperhatikan peningkatan mutu dan sumber daya Manusia khususnya Kumtua dan Lurah se-Minsel.”Kami berterima kasih kepada Ibu Bupati yang terus memperhatikan kapasitas Kumtua dan Lurah,” pungkas Keduanya.(dav)

Tags: , , , ,
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

One Response

  1. P E M B O R O S A N
    ADD boleh mo pake utk kesejahteraan di kampung,mala pake utk jalan-jalan.
    Utk memberikan pelayanan terbaik thp masy. Tidak perlu studi banding jauh2 ke batam sana,cukup masuk aja di bank,di bank baru di depan pintu dia pe satpam so 3S (senyum salam sapa) itu contoh simpelnya.adakah birokrasi kita di minsel melakukan itu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*