Selasa, 17 September 2019

Masih Banyak Pelaku Usaha Tempat Kos Belum Bayar Pajak

manado

Kabid Luther Wongkar (tengah)

MANADO, (manadoterkini.com) – Usaha tempat kos di Kota Manado, telah menjadi sumber pendapatan asli daerah. Namun seiring berjalannya peraturan daerah (Perda) tentang penarikan retribusi atau pajak daerah bagi usaha tempat kos, ternyata belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Pasalnya, masih banyak pelaku usaha tempat kos belum membayar pajak.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Bismark Lumentut, SE yang dikonfirmasi melalui kepala Bidang pajak dan retribusi Luther Wongkar, tak menapik akan hal tersebut.

Dimana dari 200 lebih tempat kos di Kota Manado ternyata masih banyak yang belum menyelesaikan kewajiban membayar pajak. “Tempat kost yang terdata adalah 200, sedangkan yang sudah mebayar pajak adalah 63 tempat kost, yang lainnya belum,”kata Luther.

Untuk mempercepat para wajib pajak, termasuk pelaku usaha tempat kos di Kota Manado merealisasikan kewajibannya tersebut, Dispenda telah mengandeng Kejaksaan untuk menaginya. “Kami saat ini bekerjasama dengan pihak Kejaksaan untuk menagih pemilik kost yang belum membayar pajak,”tegas Wongkar.

Dia pun menambahkan kalau pemilik kos tidak membayar pajak dengan batas waktu yang sudah disiapkan maka pemilik kos siap-siap mendapat hukuman. “Jika pemilik kost tidak memperhatikan pembayaran dan menghiraukan peraturan dari Pemkot, siap-siap saja menerima sanksi,”tambahnya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*