Sabtu, 21 September 2019

Pansimas, Daerah Harus Sediakan Dana Sharing

Minsel

Meidy Maindoka

AMURANG, (manadoterkini.com) – Kepala Bappeda Minsel Meidy J Maindoka MSi mengungkapkan, berdasarkan hasil pertemuan di Bali beberapa waktu lalu, pemerintah pusat siap kembali mengucurkan dana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) pada 2015, dengan catatan tiap Kabupaten/Kota menyediakan dana sharing satu Desa Rp 250 juta.”Bila APBD menyediakan dana sharing maka akan mendapatkan bantuan 4 desa lewat dana APBN, ini berarti bila Minsel menyediakan dana untuk 10 desa, maka pemerintah pusat akan memberikan bantuan untuk 40 desa lewat dana APBN,” ujarnya.

Lanjut calon doktor pemerintahan ini, beberapa waktu lalu dirinya bersama instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Badan Lingkungan Hidup dan Dinas Kesehatan, telah dipanggil Bupati, untuk segera mengalokasikan dana sharing 8 sampai 10 Desa pada 2015, agar tahun depan lebih banyak desa yang mendapatkan dana Pansimas.

Ditempat terpisah Kadis Pekerjaan Umum Minsel Jootje Tuerah ST mengungkapkan, untuk pekerjaan proyek Pansimas tahun anggaran 2014 berbanderol Rp 2,2 miliar sementara dikerjakan.”Dana Pansimas dikelola langsung oleh masyarakat desa. Oleh karena itu pemerintah dalam hal ini Bupati Christiany Eugenia Paruntu, berharap agar pekerjaan penyediaan air minum dan sanitasi bisa dikerjakan sesuai bestek , yang kedepan bermanfaat bagi masyarakat. Proyek ini akan dievaluasi oleh tim dari Bapenas, saat selesai dikerjakan,”ujar Tuerah.

Ditambahkannya, berdasarkan pengamatan di lapangan pekerjaan sudah hampir 50%. Ditanya desa-desa mana saja yang mendapatkan bantuan dana Pansimas pada 2014. Tuerah mengungkapkan, masing-masing desa Desa Maliku Satu, Desa Tumpaan Dua, Desa Lopana Satu, Desa Pinaesaan,Desa Temboan, Desa Pakuure Kinamang, Desa Ongkaw Satu,Desa Tawaang Barat. Desa Kapoya, dan Desa Sondaken.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*