Sabtu, 21 September 2019

Walikota GSVL Letakan Batu Pertama IPAL Komunal di Kelurahan Wanea

manado

Peletakan batu pertama pembangunan IPAL Kumunal di Wanea

MANADO, (manadoterkini.com) – Peletakan batu pertema pembangunan Instalasi Pengolahan Air Lumbah (APAL) Komunal, di lingkungan I, Kelurahan Wanea, Kecamatan Wanea, Senin (27/10) dilakukan langsung Walikota Manado GS Vicky Lumentut.

Manutur GSVL sapaan akrab Walikota, pembangunan APAL Komunal tersebut akan menjadi percontohan seluruh Kelurahan di Kota Manado, setelah selesai nanti.” Pengerjaan pembangunan IPAL Komunal menyedot dana mencapai Rp 352 juta di Lingkungan Satu, Kelurahan Wanea, selama 120 hari atau sekitar empat bulan,”ujar Lumentut.

Nantinya, lewat program Pemkot Manado untuk memperbaiki lingkungan yang ada, warga masyarakat sekitar bakal menikmati manfaat dari hasil proyek pekerjaan IPAL Komunal. “Bisa juga melakukan pengawasan atau mengawalnya, agar hasil yang didapatkan memuaskan dan tepat waktu sesuai jadwal yang ditentukan,”ajak GSVL.

Perlu disadari bersama, kata Lumentut proyek pembangunan IPAL Komunal ini merupakan berkat tersendiri bagi warga di Kelurahan Wanea, tepatnya disekitar kompleks Merciful Building Wanea Plaza. Pasalnya, kebersihan lingkungan itu sangatlah penting. Sehingga fasilitas pembuangan limbah harus benar-benar terstruktur, dan tertata baik. Karena dari pengaturan limbah yang baik, maka pasti akan menghasilkan kesehatan lingkungan yang baik pula di tengah masyarakat. “Dengan mengatur atau memenej limbah yang baik seperti pengaturan sepiteng, maka pasti akan mendapatkan lingkungan yang sehat dan kesehatan warga terjamin alias terhindar dari penyakit,” jelas GSVL.

Dengan bertambahnya penduduk di Kota Manado, kepadatan rumah warga tak terhindarkan, secara otomatis akan sulit mengatur pembuangan limbah rumah tangga itu sendiri. “Jadi perlu adanya pengaturan pembuangan limbah, lewat program IPAL Komunal ini, dan Pemkot Manado akan terus berupaya  membangunnya di sejumlah tempat di 11 kecamatan di Kota Manado ini,”pungkasnya.

Hadir juga dalam peletakan batu tersebut dihadiri Kaban Bapedda DR Bartje Assa, Camat Wanea Sammy Kaawoan, dan Lurah Wanea Agus Panekenan.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*