Sabtu, 21 September 2019

Ambulance Disalahgunakan, Kinerja Kapus Motoling Barat Dipertanyakan

MOTOLING, (manadoterkini.com)-Perlayanan kesehatan terhadap masyarakat yang ada di Puskesmas Motoling Barat (Mobar) terus dipertanyakan. Pasalnya, sejumlah warga kurang mampu yang ingin melakukan perawatan di Puskesmas tersebut pulang dengan kekecewaan. Bahkan ada sejumlah pasien yang harus mereggang nyawa karena tidak mendapat pelayanan maksimal.”Kami mempertanyakan pelayanan Puskesmas Motoling Barat,” ujar Pit Kodongan tokoh masyarakat Motoling Barat.

Menurut Kodongan, keluarganya menjadi salah satu korban ketidak seriusan pelayanan Puskesmas Motoling Barat. Dimana pada Senin (27/10) pagi tadi sekitar pukul 08.00 Wita, Kodongan membawa adik iparnya dari desa Toyopon yang terkena sakit mendadak. Setelah menempuh perjalanan sekitar 9 kilometer dari Desa Toyopon, sampai di Puskesmas bukannya mendapat pelayanan, namun sampai disana hanya ada satu orang perawat.

Sementara kepala Puskesmas tidak berada di tempat. Setelah beberapa menit akhirnya pasien meninggal dunia. Bukan itu saja menurut Kodongan mobil ambulance milik Puskesmas, tidak diparkir di Puskesmas dan hanya digunakan untuk kepentingan pribadi.”Pelayanan kesehatan di Puskesmas Motoling barat sudah sangat buruk sekali dan banyak masyarakat menjadi korban,” ujarnya lagi.

Kodongan menambahkan, harusnya mobil ambulance Puskesmas digunakan untuk pelayanan, bukan sebagai mobil dinas untuk kepentingan pribadi. Dan ini sudah dibuktikan oleh masyarakat, dan beberapa kali mobil ambulance Puskesmas Motoling Barat terlihat mengangkut kayu api dan biji kelapa bahkan kopra.”Kami sangat menghargai prestasi Pemkab Minsel, namun harus dibarengi dengan pelayanan hingga di pelosok-pelosok,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Motoling Barat Liske Kolantung yang dikonfirmasi manadoterkini.com mengatakan kalau mobil ambulance tidak ada pada dirinya, bahkan dia membantah kalau mobil tersebut dipakai untuk mengangkut kayu dan biji kelapa.”Itu tidak benar, sedangkan mobil tersebut tidak ada pada saya, karena mobil tersebut sering digunakan oleh Yolanda salah stafnya yang bekerja di Puskesmas Motoling Barat. Jadi tidak benar saya memakai mobil tersebut,” bantahnya.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*