Kamis, 12 Desember 2019

Bappeda Manado Akui Adanya Revisi RPJMD

manado

Pengawasan Wawali di Bappeda Manado.(ist)

MANADO, (manadoterkini.com) – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) kota Manado 2014 memang telah dilakukan Pemkot Manado bersama Dekot Manado dan sampai pada tahap konsolidasi ke Pemprov Sulut lewat penyesuaian RPJMD Provinsi SULUT dan RPJMN.

Namun seiring waktu berjalan di penghujung kepemimpinan Walikota Dr GS Vicky Lumentut dan Wawali Dr Harley Mangindaan, RPJMD tersebut akan dilakukan revisi. Tidak tanggung-tanggung Bappeda Manado menyatakan revisinya secara signifikan. “RPJMD kota Manado 2014 memang ada revisi dan signifikan,” terang Kepala Bappeda Manado Peter Assa yang dikonfirmasi Senin (27/10).

Alasan mantan Kadis Pariwisata Manado ini, banyak penambahan SKPD yang dulunya tidak ada. “Ada contoh bagian keuangan yang jadi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD),” ungkap Assa.

Menariknya, tidak secara eksplisit (dinyatakan) dengan tepat dan jelas, 8 program GSVL-Ai yakni Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) dan Universal Coverege (UC) di RPJMD Manado itu. “8 program Walikota dan Wawali tidak masuk dan harus dimasukan. Seperti PBL dan UC tidak secara eksplisit ditulis hingga hal itu menjadi indikator program yang harus tertuang di revisi RPJMD. Termasuk juga kebutuhan urgen sesuai perundang undangan yang terkendala tidak masuk RPJM akan dimasukan. Alasan itu antara lain sehingga dilakukan revisi RPJMD,” terang Assa.

Wawali Manado Dr Harley Mangindaan yang dimintai tanggapanya usai melakukan pengawasan di Bappeda Manado menyatakan, RPJMD bertujuan menghasilkan serta mampu menjawab persoalan strategis daerah dan menterjemahkan visi dan misi pemerintahan daerah secara konkrit, serta bisa memberikan landasan yang tepat bagi SKPD untuk menyusun perencanaan setiap tahunnya. “Oleh karena itu dibutuhkan pendampingan penyusunan perencanaan yang tepat sasaran yang dituangkan dalam sebuah dokumen perencanaan yang terintegrasi sesuai hasil peraturan yang berlaku. Karena hasil dokumen RPJMD perlu menggambarkan capaian strategis setiap tahunnya selama lima tahun dalam mewujudkan visidan misi pemkot Manado. Dengan demikian kita akan menghasilkan sebuah perencanaan dengan “amplitudo” unggulan yang dicapai secara periodik dan terintegrasi serta tidak lagi menjadi sekedar sebuah perencanaan yang datar,” tegas Wawali.(*/mlz)

Disatu sisi Wawali berharap RPJMD benar benar menjawab tantangan dan issu strategis daerah secara tepat sasaran dan mensejahterakan masyarakat di wilayahnya.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*