Sabtu, 21 September 2019

Pangkas Waktu Pengurusan IMB, Pemkot Manado Bisa Luncurkan Sistem Online

manado

Wawali Harley AB Mangindaan

MANADO, (manadoterkini.com) – Meski pengurusan izin-izin di Kota Manado, sudah dilakukan satu pintu, namun birokrasinya masih terus dikeluhkan warga. Untuk itu Pemkot Manado perlu memangkas waktu prose permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan mengoptimalkan sisten online seperti yang telah diterapkan oleh DKI Jakarta.

Diakui Wakil Walikota Harley AB Mangindaan, mekanisme sistem online untuk permohonan izin-izin, seperti pengurusan IMB bisa lebih maksimal, karena hanya memakan waktu paling lama 2 hari sudah tuntas. Oleh karena itu, sistem online akan lebih optimal dengan aplikasi yang lebih mutakhir sekaligus memangkas waktu pengurusan izin tersebut.”Kami (Pemkot) sebenarnya bisa luncurkan program dengan sistim online dalam pengurusan IMB. Namun hal itu perlu ada dukungan dari instansi terkait apakah ingin melakukan mekanisme online atau tidak,” ujar Wawali terkesan “menantang” Dinas Tata Kota (Distakot) Manado, Selasa (28/10).

Dijelaskan Wawali, dengan google maps, keadaan di lapangan sudah langsung terlihat karena pakai satelit dan GPS. Nantinya selain Kepala Dinas, Walikota dan Wawali sendiri bisa memantau secara langsung tahapan permohonan IMB melalui computer, jika ada pemohon yang tidak dilayani sesuai waktunya akan ada sinyal warning di setiap komputer petugas, termasuk lokasi permohonan IMB.“Kita bisa berkaca dari proses dan mekanisme pengurusan IMB yang dilakukan DKI Jakarta dengan sistem online atau daring dalam jaringan. Harapan saya, selain hilangkan pengurusan IMB sarat praktik percaloan dan suap, dan tidak mengacaukan tata kota. IMB bisa diurus dari internet, ujungnya pelayanan publik akan lebih baik lagi,” terang Wawali sembari mengatakan, pengurusan IMB melalui sistim online bisa dilakukan dari rumah, warnet, atau tempat kerja.

Wawali mengatakan, tidak ada salahnya sesuatu yang baik apalagi untuk pelayanan publik, Manado bisa menjabarkan program Pemprov DKI. Sementara itu data yang berhasil diperoleh di BP2T Manado untuk IMB ada 329 sedangkan IMB Reklame ada 25. Izin tersebut diterbitkan hingga 8 Oktober 2014 lalu.(*/ald)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*