Kamis, 12 Desember 2019

Bupati Minsel Instruksikan Camat, Lurah dan Kumtua Awasi Pengerjaan Proyek

AMURANG, (manadoterkini.com)-Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE, meminta kepada seluruh jajaran pemerintah Kecamatan maupun Desa/Kelurahan ikut melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan proyek fisik,.”Kepada seluruh Camat, Lurah dan Hukum Tua (Kumtua) selaku perpanjangan tangan dari pemerintah daerah, wajib mengawasi proyek-proyek di wilayah masing-masing,” kata Tetty sapaan akrab Bupati Minsel.

Lanjut Dia, pengawasan ditujukan kepada proyek-proyek yang tidak mengantongi surat izin atau dalam kata lain ilegal. Menurutnya, jika ada aktivitas proyek seperti itu, camat, lurah dan Kumtua tidak boleh tinggal diam,” Kalau perlu segera dihentikan. Kalian adalah perwakilan pemerintah jadi punya kewenangan untuk itu. Yang penting pastikan dulu proyek tersebut legal atau tidak,” imbaunya.

Untuk masalah perizinan, lanjutnya istri tercinta dari anggota DPRD Sulut Kristovorus Deky Palinggi ini mengatakan, itu harus diperketat agar budaya buruk tidak tertanam pada masyarakat Minsel. Sebab sesuai Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, pemerintah desa diberi kewenangan untuk mengatur dan mengurus daerahnya masing-masing demi kesejahteraan rakyat.”Tidak perlu ragu dan takut bertindak, sebab aturan memerintahkan seperti itu. Apalagi, jika terjadi masalah atau hal-hal yang tidak diinginkan, biasanya pihak kontraktor akan lebih dulu menghubungi pemerintah desa atau kelurahan tempat di mana proyek itu berlangsung,” jelasnya.

Hal senada disampaikan Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi. Rindengan turut menyinggung Dinas Pekerjaan Umum (PU) agar intens berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan/Desa. Ia meminta ada sinergitas agar pelaksanaan proyek-proyek pemerintah bisa dilaksanakan dengan baik.”Jangan menganggap remeh pemerintah Desa, karena penyelenggaraan pemerintahan desa merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan pemerintahan secara keseluruhan. Desa memiliki kewenangan untuk mengatur dan mengawasi berbagai hal di wilayah masing-masing,” tandasnya.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*