Kamis, 12 Desember 2019

Sekda Manado : Koordinasi Itu Mahal

Dari Rapat Koordinasi Keasistenan Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Manado

manado

Arahan Sekda MHF Sendoh, usai membuka rakor keassistenan I di Dinas Kesehatan

MANADO, (manadoterkini.com) – Koorinasi itu mahal. Demikian petikan kalimat yang diungkapkan Sekda MHF Sendoh, ketika membuka rapat koordinasi kasistenan bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Manado, Rabu (29/10) di aula Dinas Kesehatan Pemkot Manado.

Dalam pertemuan bulanan tersebut, Sendoh mengingatkan beberapa poin penting kepada kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dibawa keasistenan yang dipimpin Johsua Pangkerego tersebut.“Saya mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh keassistenan satu Kota Manado. Karena kegiatan ini sangat penting karena melalui kegiatan ini kita bisa mengetahui arah dan tujuan kerja, juga sebagai Evaluasi, koreksi dan introspeksi. Dalam kegiatan ini kita bisa saling tukar menukar informasi,”ujar Sekda.

Manariknya, terkait surat izin keluar daerah yang sudah tidak sesuai mekanime yang ada. “Jika ada kegiatan di luar daerah baik tugas maupun izin jangan mendadak. Contohnya, besok akan berangkant sedangkan surat baru diserahkan hari ini. setidaknya, satu minggu sebelumnya surat sudah harus masuk. Untuk proses izin hanya tiga hari jika sudah lebih dari tiga hari sebaiknya mengajukan cuti,”tegas Sekda.

Nantinya, kata birokrat sarat pengalaman ini akan kembali membuat surat edaran di SKPD Pemkot Manado, agar tidak terulang lagi. Begitu juga dengan perserta rakor yang hanya diwakili staf bukan kepala SKPD diharapkan langsung membuat laporan hasil materi yang dibicarakan. “Jika kepala SKPD mengirimkan perwakilan untuk mengikuti kegiatan seperti ini, sebaiknya harus ada laporan hasil kegiatan dari materi yang dibahas, agar dikemudian hari ada sinkronisasi dari pembahasan tersebut,”pesan Sendoh.

Selain itu Sekda juga berpesan kepada para Camat jika ada permintaan terkait Data ,harus benar benar sesuai dengan keadaan dan cek langsung keabsahannya. “Jika ada yang berhubungan dengan permintaan data, berikan data dan fakta harus sesuai kalo perlu cek langsung baik Camat dan Lurah maupun kepala lingkungan,”tagasnya.

Ditambahkanya, jika ada yang harus dikoordinasikan jangan secara mendadak.”Jika ada hal yang perlu dikoordinasikan, jangan sudah injury time baru disampaikan. Sebaiknya beberapa hari sebelumnya supaya kita bisa mengambil langkah-langkah apa yang akan didiskusikan,”tandas mantan Kadis Pariwisata Pemprov Sulut.

Beliaupun berharap lewat intensnya melaksanakan kegiatan seperti ini soliditas anatara keasistenan satu ini bisa berjalan dengan baik dan dijadikan contoh oleh keassistenan yang lain.

Sementara itu Assisten I Kota Manado sebagai penggagas rakor ini mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan bergilir.“Kegiatan ini akan diadakan perbulan dan ini akan dilanjutkan bergilir di SKPD dibawah keassistenan I,”ujar Pangkerego.

Hadir dalam rakor ini Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado,Kepala BPBD Kota Manado,Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Kota Manado,Kepala Satuan Pol PP,Kepala Dinas Kominfo Sekretaris KESBANGPOL Kota Manado, Camat dan juga SKPD lain dibawah Keassistenan Satu.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*